Sukses

Sempat Stres, Kang Daniel dan Yoon Ji-sung Tempuh Jalur Hukum untuk Haters

Kang Daniel sempat tertekan akibat komentar negatif yang ditujukan pada dirinya di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Kang Daniel dan Yoon Ji-sung, termasuk Idol K-Pop yang kerap menjadi sasaran ujaran kebencian. Bahkan kejadian tak menyenangkan ini sudah mereka alami sejak sebelum mereka debut dalam grup Wanna One.

Tak ingin hal ini berlarut-larut, agensi yang menaungi keduanya, LM Entertainment, bertindak tegas. LM Entertainment selaku agensi Kang Daniel dan Yoon Ji-sung mengabarkan kalau keduanya telah melaporkan haters ke polisi.

Hal ini dikarenakan Kang Daniel sempat mengalami tekanan mental akibat komentar kebencian di media sosial.

“Pelaku ujaran kebencian yang menjadi subyek dari tuntutan ini adalah mereka yang terus menerus menulis hinaan, termasuk yang mengejek penampilan fisik dan membuat komentar bernada seksual yang merendahkan,” tutur juru bicara LM Entertainment dalam pernyataan tertulisnya, sebagaimana dilansir Liputan6.com dari Soompi, Jumat (15/2/2019).

Berbeda dengan rekannya Yoon Ji-sung yang beberapa kali masih aktif di media sosialnya, Kang Daniel dikabarkan mengalami tekanan mental yang lebih parah. Bahkan sudah sekitar sepuluh hari lamanya dia tidak aktif di media sosial pribadinya.

Padahal sejak memutuskan untuk membuka media sosial pribadi baik itu Instagram, Twitter, Fancafe dan media online lainnya, Kang Daniel diketahui sangat aktif memposting foto dirinya. Dia juga beberapa kali menyapa penggemar melalui siaran langsung, baik di Instagram maupun aplikasi V Live.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Polisi Memburu Pelaku Komentar Kebencian Terhadap Kang Daniel

Dalam upaya investigasi ini, Kang Daniel dan Yoon Ji-sung telah memberikan kesaksian mereka di Kantor Polisi Gangnam secara langsung.

“Dalam proses ini, konten dari ujaran kebencian yang ditulis pelaku diperlihatkan kembali, dan para penggugat (Ji Sung dan Kang Daniel) memperlihatkan tekanan dan stres yang mereka terima karena ujaran kebencian yang ditulis pelaku.” Ujar kepolisian.

LM Entertainment menyebutkan bahwa tak akan ada penyelesaian secara kekeluargaan atas kasus ini.

“Karena para penggugat mengalami tekanan stres sejak lama akibat ujaran kebencian ini, bahkan bila para pelaku sudah diidentifikasi, tidak akan ada penyelesaian dengan para pelaku saat proses investigasi berjalan, dan tindakan tegas akan diambil hingga akhir.”

Disebutkan pula bahwa polisi akan menerbitkan surat perintah kepada sejumlah situs untuk membuka identitas para pelaku. Begitu identitas para pelaku diketahui, mereka akan dipanggil oleh pihak berwajib.

Begitu pernyataan ini dirilis, para penggemar Kang Daniel dan Yoon Ji-sung langsung mengutarakan dukungan mereka kepada dua idola ini. Bahkan tagar #hugfordaniel sempat menjadi trending topik Twitter teratas di Korea Selatan, Malaysia, Thailand dan Indonesia.

3 dari 3 halaman

Banjir Dukungan dari Fans

Setelah mengetahui kabar yang menimpa idolanya, penggemar langsung memberikan dukungan untuk Kang Daniel. Hal ini mereka luapkan melalui komentar di postingan Instagram terakhir mantan member Wanna One itu.

“Daniel, tetaplah kuat, kami akan selalu ada di sini untukmu tidak peduli apapun yang terjadi, kami akan mendukungmu," tulis seorang wannable, sebutan untuk penggemar Wanna One.

"Hari ini, ku harap kau bisa lebih baik daripada kemarin. Ingatlah jika Wannable (fandom Wanna One) masih ada, Niel. Jangan khawatir. Kamu tidak akan pernah sendirian. Kamu telah melakukan yang terbaik Niel, jangan menyerah," imbuh wannable lain.

Kang Daniel sendiri mulai dikenal setelah mengikuti program acara Mnet, "Produce 101 Season 2". Ia berhasil meraih peringkat pertama di ajang tersebut dan debut sebagai anggota Wanna One.

Setelah Wanna One resmi mengakhiri promosinya, Daniel dipastikan akan debut sebagai artis solo. Namun hingga kini belum ada kabar resmi mengenai jadwal untuk debut solonya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini