Sukses

Waspada, 6 Tempat di Rumah Anda yang Dapat Menjadi Sarang Kuman

Selalu bersihkan tempat-tempat ini agar Anda dan keluarga Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Rumah adalah tempat kita melepas lelah dan menjadi tempat yang paling nyaman untuk berkumpul bersama keluarga. Namun rumah bisa menjadi pemicu Anda atau bahkan keluarga Anda sakit.

Apakah Anda orang yang malas membersihkan rumah? Bisa jadi hal ini dapat menyebabkan Anda terserang penyakit. Berikut tempat-tempat bersarangnya kuman di rumah Anda:

1. Sprei yang kotor

Merebahkan diri di tempat tidur merupakan hal yang sangat nyaman dilakukan setelah melewati hari yang penat. Namun fakta yang mengejutkan mengenai banyaknya tungau debu yang bersarang membuat anda ingin pergi tidur di sofa saja.

Rata-rata orang membuang kira-kira setengah ons kulit mati setiap minggu, yang tetap berada di seprai dan menjadi bahan makanan utama bagi tungau debu. Kotoran yang para tungau keluarkan dan puing-puing lain dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang cukup berat seperti eksim, alergi musiman, iritasi kulit dan banyak lagi.

Untuk menjaga sprei bebas dari mahluk-mahluk ini, pastikan untuk selalu mencuci sprei Anda dalam air hangat setidaknya satu kali seminggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. AC atau pemanas yang terkontaminasi

Anda pernah merasa sering sakit atau alergi tanpa alasan yang jelas? Mungkin pemanas atau AC dalam rumah anda telah terkontaminasi yang menjadi penyebabnya.

Badan Perlindungan Lingkungan di Amerika menjelaskan bahwa jika ada debu-debu di dalam ac anda normal maka hal ini tidak berbahaya. Namun jika jamur-jamur telah bersarang dan ada puing-puing yang menumpuk, maka ini akan menjadi penyebab yang fatal bagi kesehatan anda.

Dengan rutin membersihkan AC atau alat pemanas pada rumah anda adalah satu langkah yang baik untuk menyelematakan kesehatan Anda.

3. Keset kamar mandi

Jarang sekali kita memikirkan mengenai keset kamar mandi kita, karena belum kita memikirkannya, keset kamar mandi akan mengering begitu saja. Ternyata menurut Huffington Post, keset kamar mandi merupakan sumber dari banyak bakteri, jamur dan tungau debu yang berbahaya.

Ketika Anda keluar dari pancuran yang basah dan kuyup, keset kamar mandi Anda menahan kelembaban, memungkinkan jamur dan bakteri berbahaya berkembang. Untuk menjaga agar keset Anda bebas dari kuman, cobalah untuk mengeringkan kakimu sebentar di kamar mandi sehingga keset kamar mandi tidak terlalu basah kuyup.

Selain itu, cucilah keset kamar mandi Anda dalam air panas setidaknya beberapa kali dalam sebulan.

3 dari 4 halaman

4. Produk pembersih rumah tangga

Dilansir dari readerdigest, sebagian besar produk pembersih rumah tangga dikemas dengan banyak bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan Anda. Produk yang paling berbahaya adalah produk yang mengandung karsinogen yaitu penyebab kanker, seperti deterjen cucian tertentu yang mengandung formaldehyde, dan pembersih perhiasan yang sering membawa bahan kimia beracun perkloretilen.

Untungnya ada banyak cara alami dan bebas bahaya untuk menjaga rumah Anda bersih dan berkilau. Bahan-bahan alami seperti lemon, minyak goreng cuka dan soda kue semuanya akan membersihkan rumah Anda dengan bersih dan sekalian menjaga kesehatan Anda tetap terjaga.

5. Rak dan laci kulkas yang kotor

Buah dan sayuran yang berada di kulkas Anda ternyata bisa menyembunyikan banyak mikroorganisme berbahaya, termasuk E.coli, salmonella dan banyak lagi. Menurut USA Today, bakteri ini menyebabkan gejala keracunan makanan yang bisa berkisar dari sakit perut hingga sesuatu yang lebih parah, seperti gagal ginjal.

Untuk mengurangi kemungkinan terserang penyakit, pastikan untuk mencuci buah dan sayuran dengan hati-hati sebelum memakannya, dan bersihkan laci dan rak kulkas setidaknya sebulan sekali.

 

4 dari 4 halaman

6. Bulu hewan peliharaan

Hewan peliharaan dapat kita sayangi dan dapat kita hargai selayaknya anggota keluarga. Namun sayangnya, bulu yang mereka tinggalkan dapat berpotensi membuat Anda sakit. Terdiri dari potongan mikroskopis kulit mati, bulu hewan peliharaan terkenal karena menyebabkan orang bersin, terutama pada orang-orang yang alergi dengan hewan peliharaan.

Menurut American Lung Assosiation, cara terbaik untuk mencegah alergi Anda muncul adalah dengan menjauhkannya dari furnitur, kain, dan karpet Anda sesering mungkin. Anda juga harus memastikan untuk membersihkan rumah sesering mungkin agar kumannya tidak menumpuk.

 

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.