Cara Mencegah Penuaan Dini dengan 3 Olahraga Simpel, Bisa Dilakukan di Rumah

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 14 Feb 2019, 17:15 WIB
Cara Mencegah Penuaan Dini

Liputan6.com, Jakarta Tanpa disadari, berbagai aktivitas sehari-hari dapat mempercepat proses penuaan. Aktivitas itu seperti bekerja hingga lelah, paparan polusi, makanan yang tidak sehat atau pikiran yang stress.

Padahal penuaan dini merupakan salah satu hal yang paling ditakuti oleh banyak orang, terutama kaum Hawa.

Selain kerutan di wajah ada beberapa tanda seseorang mengalami penuaan dini. Tanda tersebut antara lain adalah sering merasa lemas, gerak tubuh lambat, rambut rontok, dan perubahan emosi.

Cepat atau lambat manusia pasti akan mengalami penuaan. Namun, ada beberapa cara untuk mencegah penuaan dini. Salah satunya adalah berolahraga.

Truk Buah Tergelincir, Ratusan Semangka Penuhi Jalan

Tutup Video
2 of 5

Olahraga cegah penuaan dini

Cara Mencegah Penuaan Dini
Cara Mencegah Penuaan Dini (sumber: istockphoto)

Olahraga memang sangat bermanfaat bagi tubuh. Olahraga membuat tulang dan otot kuat, mengatur berat badan, dan meningkatkan fungsi jantung. Lebih baik lagi, olah raga dapat mencegah proses penuaan dini.

Olahraga berfungsi untuk memperkuat dan mengencangkan kulit dan otot yang mulai 'melorot' seiring bertambahnya usia. Ketika tubuh kehilangan otot, manusia akan menua lebih cepat. Ketika otot menua, manusia tidak bisa melakukan aktivitas yang biasa dilakukan dengan nyaman.

Kurangnya gerakan pada tubuh akan menghasilkan mempercepat proses penuaan. Olahraga bukan hanya menyehatkan, tetapi juga bisa membuat Anda merasa lebih muda.

Penuaan bukan hanya tentang bagaimana kulit yang terlihat keriput, ini juga tentang menjaga organ-organ dalam tubuh agar lebih muda sehingga dapat terus bekerja dengan kemampuan terbaiknya. Jadi jika Anda ingin merasa dan terlihat lebih muda, cobalah beberapa olahraga anti-penuaan.

Anda dapat melakukan olahraga simpel yang dapat mencegah poses penuaan dini. Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk pergi ke pusat kebugaran. Olahraga ini dapat Anda lakukan sendiri dirumah atau di lingkungan sekitar Anda.

Berikut 3 jenis olahraga simpel yang bisa dipraktikkan di rumah untuk mencegah proses penuaan dini dilansir oleh Liputan.com dari belmarrahealth, Kamis(14/2/2019).

3 of 5

Squat

Cara Mencegah Penuaan Dini
Cara Mencegah Penuaan Dini (sumber: istockphoto)

Squat adalah salah satu olahraga simpel untuk cegah penuaan dini yang bagus karena mereka menargetkan beberapa otot terbesar tubuh. Olahraga ini tidak hanya membakar kalori lebih lama, tetapi juga membuat kaki Anda lebih kuat.

Squat merupakan jenis latihan yang sangat baik dan memiliki manfaat menguatkan otot-otot bagian tubuh, mulai dari paha, pinggul, sampai pantat. Squat juga merupakan gerakan sederhana yang dapat dilakukan di mana saja, dan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk melakukannya.

Lakukan teknik squat yang tepat seperti melebarkan kaki selebar pinggul. Begitu berada di posisi ini, gerakkan ke bawah seolah-olah Anda akan duduk di kursi. Pastikan lutut Anda tidak melewati jari-jari kaki dan punggung Anda lurus. Setelah dalam posisi duduk, dorong tumit Anda untuk naik kembali.

Selain squat Anda juga dapat melakukan aktivitas seperti mengangkat barang atau menggendong anak kecil kedalam pelukan Anda. Aktivitas ini baik untuk kelenturan dan kekuatan otot Anda.

4 of 5

Olahraga Kardio

Cara Mencegah Penuaan Dini
Cara Mencegah Penuaan Dini (sumber: istockphoto)

Jantung yang kuat adalah cara terbaik untuk mencegah penuaan dini. aktivitas kardiovaskular atau kardio adalah beberapa olahraga terbaik untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih muda.

Dengan aktivitas kardio Anda dapat menaikkan detak jantung sehingga mempengaruhi kesehatan paru-paru dan jantung. Manusia akan mengambil lebih banyak oksigen serta memompa lebih banyak darah saat melakukan olahraga kardio.

Sirkulasi oksigen dan darah yang lebih baik akan disalurkan ke seluruh tubuh dan dapat meningkatkan kesehatan kulit serta menguatkan organ dalam tubuh.

Beberapa Olahraga kardio yang paling simpel adalah berlari, melompat-lompat, berenang, bersepeda, tenis, dan bahkan menari.

Setiap aktivitas yang meningkatkan aktivitas jantung Anda adalah aktivitas kardio. Selama Anda tidak memiliki masalah jantung apapun, aktivitas ini perlu dilakukan minimal dua setengah jam seminggu, seperti yang direkomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau U.S Center for Disease Control and Prevention (CDC).

5 of 5

Yoga

Cara Mencegah Penuaan Dini
Cara Mencegah Penuaan Dini (sumber: istockphoto)

Yoga bagus untuk meregangkan otot, menghasilkan sirkulasi oksigen dan yang lebih besar untuk menjaga kinerja organ tubuh. Yoga dapat membantu Anda membangun kekuatan dan kelenturan di tulang belakang Anda.

Sebuah studi baru-baru ini dari American Board of Anti-Aging Medicine mengungkapkan bahwa, "Meditasi mendalam (pada yoga) secara teratur memengaruhi produksi tiga hormon penting yang berkaitan dengan peningkatan umur panjang, stres, dan peningkatan kesejahteraan: kortisol, DHEA, dan melatonin."

Salah satu jenis yoga untuk mencegah penuaan dini adalah yoga wajah. Yoga wajah menggunakan prinsip yang sama untuk meningkatkan kekuatan otot wajah Anda. Anda dapat melakukan aktivitas yoga didalam rumah Anda. Ciptakan suasana tenang didalam rumah agar tubuh lebih rileks melakukan gerakan-gerakan yoga.

Olahraga anti penuaan ini berfungsi untuk menghaluskan garis-garis di atas alis. Mulailah dengan menempatkan kedua tangan menghadap ke dalam di depan Anda, pada dasarnya tepat di bawah garis rambut Anda atau di tengah dahi Anda. Gerakkan tangan Anda di kepala Anda memberikan sedikit tekanan. Lakukan gerakan ini setidaknya 10 kali.

Lanjutkan Membaca ↓