Hobi Ngopi Cantik? Ini 5 Efek Nyata Bagi Tubuh Jika Hidup Bebas Kafein

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 14 Feb 2019, 16:30 WIB
[Fimela] Kopi

Liputan6.com, Jakarta Kafein yang terdapat pada kopi maupun teh memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Ada banyak manfaat kesehatan yang terbukti didapat usai minum kopi. Manfaatnya antara lain adalah memperlancar metabolisme hingga mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Kafein merupakan kandungan yang biasanya ditemukan dalam kopi, teh, minuman bersoda, atau minuman berenergi. Kafein dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memperbaiki mood yang buruk. Kafein memang bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi secara tepat.

Namun di balik segala kebaikan yang didapat dari kafein, ada pula kekurangan yang dimiliki. Mengonsumsi kafein secara berkala akan menimbulkan kecemasan, ketidakseimbangan hormon, atau sakit kepala.

Truk Buah Tergelincir, Ratusan Semangka Penuhi Jalan

Tutup Video
2 of 2

Yang Harus Berhenti Mengonsumsi Kafein

Biji Kopi
Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

Dilansir dari Healthline oleh Liputan6.com, Kamis (14/2/2019), ada beberapa orang yang perlu menghentikan kebiasaannya untuk mengonsumsi kafein karena kondisi tertentu.

1. Sedang hamil atau merencanakan kehamilan hamil

Wanita yang sedang hamil dan menyusui harus menghindari kafein. Hal ini juga perlu dilakukan bagi kamu yang sedang dalam masa program kehamilan atau merencarakan kehamilan. Kafein telah dikaitkan dengan peningkatan keguguran dan penurunan kesuburan.

2. Rentan terhadap kecemasan

Orang yang rentan terhadap kecemasan atau depresi dan mengonsumsi kafein, membuat kondisi mereka semakin buruk. Kafein telah terbukti memperburuk kondisi kejiwaan tertentu. Ini dapat menyebabkan peningkatan sifat cepat marah, sensitif, dan kecemasan.

3. Memiliki gangguan kesehatan tertentu

Jika kamu memiliki gangguan pencernaan yang sudah ada sebelumnya, kafein dapat memperburuk gejalanya. Ini terutama berlaku bagi mereka yang memiliki gangguan refluks asam, encok, diabetes dan IBS.

4. Minum obat tertentu

Selalu periksa apakah kafein berinteraksi dengan resep obatmu. Beberapa obat ini termasuk obat antibakteri, antidepresan (terutama MAOI) dan obat asma.

Lanjutkan Membaca ↓