Tidak Cuma Cokelat, Uniknya Perayaan Valentine di 5 Negara Dunia

Oleh Camelia pada 14 Feb 2019, 13:01 WIB
Cokelat jadi kado Valentine (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta Hari valentine atau yang kerap disebut hari kasih sayang dirayakan pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Biasanya pada hari valentine orang kerap menunjukkan kasih sayang mereka kepada orang-orang tercinta seperti pasangan ataupun keluarga.

Biasanya mereka memberikan hadiah berupa cokelat atau bunga sebagai tanda cinta mereka. Namun nyatanya tak selalu seperti itu, ada berbagai cara unik perayaan valentine dari berbagai belahan dunia.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini deretan perayaan valentine unik dari berbagai belahan dunia yang belum banyak kalian ketahui.

Jerman

 

Ini 6 Perayaan Unik dari Hari Valentine di Sejumlah Negara
(Photo: Le diabl gueur) Babi disembolkan sebagi keberuntungan bagi masyarakat Jerman.

Di Jerman perayaan valentine sangat populer. Namun tak hanya bertukar cokelat atau bunga, tapi pasangan di Jerman juga akan bertukar hadiah dengan simbol babi berwarna pink. Hal ini lantaran babi dianggap sebagai simbol keberuntungan dan gairah di sana. Pasangan biasanya akan bertukar cokelat, boneka atau pajangan berbentuk babi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 of 2

Jepang

Valentine
Ilustrasi Foto Hari Kasih Sayang (Valentine Day). (iStockphoto)

Jika di negara lain para pria yang akan memberikan cokelat kepada pasangan mereka berbeda dengan di Jepang. Di Negeri Sakura ini justru wanita yang akan memberikan cokelat kepada pasangan mereka. Barulah pada 14 Maret atau yang disebut dengan "White Day", para pria akan memberikan cokelat atau hadiah yang lebih mahal dari yang mereka pada hari valentine.

Italia

Orang-orang di Italia akan merayakan valentine dengan makan malam romantis dan memberikan hadiah kepada pasangan mereka. Salah satu hadiah valentine populer di sana adalah cokelat Baci Perugina yaitu cokelat yang dibungkus dengan kata-kata romantis dalam empat bahasa.

Prancis

Prancis khususnya kota Paris dikenal sebagai kota yang sangat romantis di dunia. Pada perayaan valentine orang-orang di sana akan mengirimkan surat cinta kepada pasangan. Melalui surat itu mereka akan mengungkapkan rasa cinta dan sayang lewat untaian kata romantis.

Korea

Sama seperti Jepang, para wanita di Korea akan memberikan cokelat kepada kekasih mereka di tanggal 14 Februari. Barulah pada 14 Maret atau White Day, para pria memberikan hadiah lebih mahal. Namun bagi mereka yang tak memiliki pasangan akan merayakan "Black Day" pada tanggal 14 April. Para jomblo tersebut akan berkumpul bersama dan makan mie hitam atau Jajangmyeon dengan mengenakan pakaian serba hitam pula.

Lanjutkan Membaca ↓