Sukses

Selain Ani Yudhoyono, 6 Tokoh Ini juga Mengidap Kanker Darah

Kanker darah adalah kanker yang menyerang jaringan pembentuk sel-sel darah, termasuk sumsum tulang dan kelenjar getah bening.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar sedih datang dari keluarga presiden keenam Republik Indonesia. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan bahwa sang istri Ani Yudhoyono tengah menjalani pengobatan untuk penyakit kanker darah yang tengah dideritanya.

Hal itu disampaikan SBY dalam sebuah video yang berisi penjelasan panjang tentang keberadaan Ani Yudhoyono di National Universtiy Hospital Singapura sejak 2 Februari 2019 lalu.

"Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di tanah air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah. Dan karenanya harus menjalani pengobatan dan perawatan yang intensif di National University Hospital Singapura," ungkap SBY pada video yang disampaikan di Singapura, Rabu (13/2/2019) siang.

Kanker darah adalah kanker yang menyerang jaringan pembentuk sel-sel darah, termasuk sumsum tulang dan kelenjar getah bening. Ada 3 jenis kanker darah yang paling umum yaitu Leukimia, Limfoma, dan Myeloma. Ketiganya merupakan gangguan pada sel-sel darah yang kemudian berubah menjadi kanker.

Selain Ani Yudhoyono, ada beberapa tokoh terkenal yang diketahui pernah mengidap kanker darah. Berikut 6 tokoh yang juga mengidap kanker darah yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Gene Wilder

Jerome Silberman atau dikenal secara profesional sebagai Gene Wilder adalah seorang aktor film dan panggung, penulis skenario, sutradara film, serta penulis asal Amerika Serikat. Wilder terkenal karena perannya dalam film-film seperti Young Frankenstein dan Willy Wonka & the Chocolate Factory.

Aktor dan komedian ini didiagnosis mengidap salah satu kanker darah yaitu limfoma non-Hodgkin pada tahun 1999. Setelah menjalani perawatan dengan kemoterapi dan beberapa terapi pada tahun 2005, ia dinyatakan sembuh.

3 dari 7 halaman

2. Ustaz Arifin Ilham

Ustaz Arifin Ilham juga dikabarkan menderita limfoma atau kanker kelenjar getah bening stadium 4A. Selama dua bulan, ia harus menjalani kemoterapi.

Ustaz Arifin Ilham mengakui dirinya memang menderita kanker getah bening stadium 4A di hadapan jamaahnya kala berdakwah. Kini Ustaz Arifin Ilham telah pulih dari sakit setelah menjalani perawatan di rumah sakit di Malaysia.

Ustaz Arifin Ilham beserta rombongan meninggalkan Negara Bagian Pulau Pinang Malaysia untuk kembali ke Indonesia, Kamis (31/1/2019) pagi.

4 dari 7 halaman

3. Alan Shepard

Alan Bartlett Shepard Jr merupakan salah satu penggagas misi Apollo. Dia adalah orang Amerika pertama yang berhasil terbang ke luar angkasa pada tahun 1961. Dia juga terpilih sebagai orang pertama yang akan mendarat di Merkurius, namun karena dia tiba-tiba mengalami gangguan pendengaran, proyek itu dibatalkan.

Shepard didiagnosis menderita leukemia pada tahun 1996. Diketahui leukemia yang dideritanya akibat sering terpapar radiasi tingkat tinggi saat berada di luar angkasa.

5 dari 7 halaman

4. Dian Pramana Poetra

Dian Pramana Poetra merupakan musisi terkenal di Indonesia. Dian Pramana Poetra disebut meninggal dunia karena sakit kanker darah leukemia yang dideritanya.

Ia meninggal pada usia 57 tahun di rumahnya pada Kamis 27 Desember 2018. Sebelumnya ia ambruk dan pingsan pada saat bepergian untuk konser, dan diketahui mengalami anemia dengan kadar hemoglobin darahnya di bawah normal.

Dian Pramana Poetra sempat dirawat secara instensif di rumah sakit karena mengidap kanker darah stadium 4. Dian sudah lama berjuang melawan penyakit ganas tersebut.

6 dari 7 halaman

5. Kolonel Sanders

Kolonel Sanders merupakan seorang pebisnis berkebangsaan Amerika Serikat yang ikut mendirikan Kentucky Fried Chicken (KFC). Dia mulai aktif dalam mewaralabakan bisnis ayamnya pada usia 65 tahun.

Bos KFC Harland David Sanders diketahui juga pernah mengidap kanker darah leukemia. Sanders meninggal dunia pada tanggal 16 Desember 1980 akibat komplikasi Pneumonia dan Leukimia.

7 dari 7 halaman

6. Tun Abdul Razak

Tun Haji Abdul Razak bin Datuk Haji Hussein Al-Haj atau Tun Abdul Razak adalah Perdana Menteri Malaysia ke-2, mulai tahun 1970 hingga 1976.

Selain dikenal sebagai salah seorang tokoh pendiri Malaysia, ia juga penggagas Dasar Ekonomi Baru, suatu program kontroversial untuk memajukan perekonomian orang Melayu di Malaysia agar sejajar dengan kaum keturunan Tionghoa dan Tamil. Ia juga pendiri Barisan Nasional pada tahun 1973.

Pada Januari 1976 Tun abdul razak Meninggal dunia pada usia 54 tahun akibat kanker darah leukemia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini