Sukses

5 Situs Pencari Kerja Ini Bisa Bantu Karier Para Fresh Graduate

Mendapatkan pekerjaan bisa lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta Mencari pekerjaan adalah salah satu tujuan yang diambil setelah lulus dari studi. Bagi kamu para fresh graduate, mendapatkan pekerjaan merupakan hal yang ‘susah-susah-gampang’. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan idaman. 

Salah satunya adalah dengan mengikuti jobfair yang banyak diadakan oleh kampus atau perusahaan agar bisa mendaftar langsung. Namun perkembangan teknologi saat ini telah mempermudah segalanya termasuk dalam pencarian kerja.

Saat ini kamu tak perlu repot mengirimkan serangkaian berkas fisik ke perusahaan yang kamu lamar. Cukup membuat akun pada situs-situs pencari kerja ini dan kamu dapat langsung melamar pekerjaan impianmu. Situs-situs pencari kerja ini gratis dan dapat diakses siapapun termasuk kamu para fresh graduate.

Berikut 5 situs pencari kerja di Indonesia yang dapat membantu kamu para fresh graduate untuk mengawali karier yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber Senin(11/2/2019) :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jobstreet

Jobstreet merupakan salah satu portal pencari kerja terbesar di Asia tenggara. Berdiri tahun 1997 di Mayalsia, Jobstreet telah melayani sekitar 80.000 perusahaan dan 11 juta pencari kerja.

Di sini kamu cukup memasukkan identitas profesional dengan resume terbaikmu. Kamu bisa mencari pekerjaan sesuai kriteria yang kamu inginkan dan sesuai dengan latar belakang pendidikan.

Kamu bisa mencari jenis pekerjaan berdasarkan lokasi dan spesialisasi bahkan juga berdasarkan gaji minimum yang kamu inginkan. Banyak perusahaan besar yang menggunakan Jobstreet untuk merekrut pekerjanya.

Selain itu Jobstreet juga menyediakan tes bahasa inggris gratis yang dinamakan JELA atau JobStreet English Language Assessment. Di sini kamu dapat mengetahui seberapa jauh kemampuan bahasa inggrismu dengan menjawab 40 soal tes bahasa Inggris.

Bagi kamu para fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, kamu dapat langsung membuat akun Jobstreet di Jobstreet.co.id, buat profil profesionalmu, cantumkan foto, dan jangan lupa unggah resume atau CV terbarumu agar para perekrut dapat melihat potensimu.

3 dari 6 halaman

Jobs.id

Jobs.id adalah salah satu portal pencarian kerja terbesar di Indonesia. Didirikan pada Januari 2015, Jobs.id telah menawarkan berbagai lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan besar di Indonesia.

Jobs.id telah bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dalam menyediakan lowongan pekerjaan bagi masyarakat di Indonesia.

Situs ini menyediakan opsi karier bagi para pencari kerja di berbagai bidang seperti bidang finansial dan perbankan, informasi teknologi (IT) dan telekomunikasi, media dan periklanan, dan masih banyak lagi.

Di sini kamu dapat mencari pekerjaan sesuai dengan bidang, lokasi, perusahaan, industri dan posisi. Kamu cukup membuat akun di Jobs.id dan melengkapi profil identitas serta mengunggah resume dan CV terbaru. Tak hanya resume, kamu juga dapat mengunggah dokumen pendukung lain seperti sertifikat, surat rekomendasi, atau transkrip nilai.

4 dari 6 halaman

Karir.com

Selain menawarkan berbagai macam lowongan pekerjaan. Situs karir.com juga mempunyai fitur-fitur menarik bagi kamu para fresh graduate. Di sini kamu dapat melakukan berbagai tes pengembangan diri seperti tes bahasa inggris, tes minat, atau tes gaya berkomunikasi.

Serangkaian tes ini juga dapat dijadikan perusahaan pencari tenaga kerja untuk mempertimbangkan apakah kamu layak untuk dipekerjaakan oleh mereka atau tidak.

Tes-tes ini juga dikembangkan oleh pihak-pihak terpercaya yang dipilih langsung oleh tim karir.com. seperti untuk tes bahasa inggris yang bekerja sama dengan English First (EF) menyediakan alat tes bahasa inggris yang berstandar internasional.

Lalu tes minat dan gaya komunikasi yang di kelola oleh Layanan Psikologis Fakultas Psikologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Semua fitur pengembangan diri ini dapat diakses gratis untukmu. Kamu cukup membuat akun pada situs ini atau kamu dapat menghubungkan akun Linkedin kamu ke situs ini, maka otomatis profilmu akan tersinkronisasi.

5 dari 6 halaman

Qerja

Situs qerja.com terkenal sebagai situs yang dapat melihat review dan gaji pada sebuah perusahaan. Qerja memiliki database yang terdiri atas ribuan data gaji dan review mengenai tempat kerja dari sumber yang paling akurat, yaitu para karyawan.

Di sini kamu dapat melihat rentang gaji pada sebuah posisi di perusahaan yang kamu inginkan. Selain itu kamu juga dapat melihat review dari orang-orang yang pernah bekerja di perusahaan tersebut sehingga kamu dapat memiliki gambaran terkait budaya perusahaan yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.

Selain itu di Qerja kamu juga dapat menemukan berbagai macam informasi seputar training dan pengembangan diri yang diadakan secara offline di tempat tertentuk.

6 dari 6 halaman

Glints

Glints merupakan salah satu portal rekrutmen terbesar di Asia yang telah banyak membantu para perekrut dan pencari kerja. Glints dikemas dalam model ‘kekinian’ yang mudah untuk diterima oleh para anak muda. Selain lowongan pekerjaan, disini kamu juga bisa menemukan lowongan magang di berbagai perusahaan ternama.

Selain itu kamu juga dapat menemukan informasi seputar pengembangan karir dan bisa mengikuti forum tanya jawab seputar pengembangan karir pada fitur discovery.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.