6 Manfaat Daun Mint untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak

Oleh Sulung Lahitani Mardinata pada 11 Feb 2019, 18:01 WIB
Manfaat daun mint untuk kecantikan kulit

Liputan6.com, Jakarta - Daun mint kerap digunakan sebagai bahan campuran produk perawatan kulit dikarenakan khasiatnya. Efeknya yang mendinginkan kulit membantu kulit terasa sejuk.

Selain hal tersebut, terdapat manfaat lain daun mint, terlebih untuk kulit berminyak dan berjerawat. Melansir dari StyleCraze, ini dia.

1. Memudarkan bekas jerawat

Anda dapat memanfaatkan daun mint untuk memudarkan bekas jerawat. Ini dikarenakan kandungan asam salisilat di dalamnya dapat membantu peremajaan kulit.

Masker atau scrub yang terbuat dari daun mint segar akan mengangkat sel-sel kulit mati. Cara ini efektif memudarkan bekas jerawat dan beruntusan.

2. Mencegah kulit kering

Saat mengobati jerawat, terkadang salep atau bedak khusus yang Anda gunakan dapat membuat kulit kering, sementara pelembab malah ditakutkan akan membuat kulit lebih berminyak dan merangsang jerawat baru.

Anda bisa menggunakan daun mint untuk meningkatkan sirkulasi darah, memastikan kulit senantiasa lembap, dan ternutrisi vitamin C yang dikandungnya. Bahan ini juga kaya antioksidan yang menjaga kulit Anda senantiasa sehat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Usia 80 Tahun, Nenek Ini Gigih Bekerja Sebagai Teknisi

Tutup Video
2 of 3

3. Mencegah dan mengatasi jerawat

Sejuta Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Saluran Pernapasan
Sejuta Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Saluran Pernapasan

Daun mint punya sifat antibakteri yang kuat serrta kandungan asam salisilat. Kedua zat tersebut efektif dalam mencegah dan mengatasi jerawat.

Tak hanya itu, daun mint juga punya kandungan vitamin A yang mengontrol sekresi minyak pada kulit. Menggunakan daun mint pada wajah dapat menjadikan pori-pori bersih dan jerawat lebih cepat kering.

4. Meredakan gatal di kulit

Saat berjerawat atau beruntusan, kulit dapat terasa begitu gatal dan sakit. Daun mint dapat meringankan rasa tidak nyaman tersebut.

Daun mint mengandung bahan antiinflamasi alami. Karenanya dapat dimanfaatkan untuk meredakan gatal dan iritasi, serta mendinginkan jerawat yang meradang.

 

3 of 3

5. Mengatasi minyak berlebih di wajah

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan
Selain sebagai penyegar napas, daun mint juga dikenal sebagai herbal yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan

Masker yang terbuat dari daun mint tumbuk akan menyerap kelebihan minyak dan menyejukkan wajah. Ini dikarenakan kandungan Vitamin A dalam daun mint yang efektif mengatasi minyak berlebih di kulit wajah.

6. Menghilangkan komedo

Komedo dapat terbentuk ketika kotoran dan minyak mengendap di pori-pori lalu menyumbatnya. Daun mint dapat menjaga pori-pori senantiasa bersih. Dengan demikian, komedo dapat hilang dan tidak muncul kembali.

Reporter: Tantri Setyorini

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓