5 Cara Ini Bantu Kamu Semangat di Hari Senin

Oleh Liputan6dotcom pada 18 Feb 2019, 09:00 WIB
Diperbarui 18 Feb 2019, 20:13 WIB
[Bintang] Ilustrasi Kelelahan

Liputan6.com, Jakarta - Hari senin adalah hari yang sangat berat bagi smeua orang. Setelah bersantai melepas penat di hari weekend, kita dihadapkan lagi dengan kesibukan pekerjaan. Maka dari itu seringkali hari senin menjadi hari yang berat karena menjadi hari yang awal dari kesibukan seminggu kedepan. 

Untuk itu kami merangkum bagaimana cara untuk mengurangi kepenatan di hari Senin, dilansir dari berbagai sumber:

1. Membantu sesama

Dengan membantu orang lain yang sangat membutuhkan bantuan dan mengedepankan kebutuhan orang lain, hal ini dapat membantumu untuk melupakan masalah yang kamu sedang hadapi. Beberapa penelitian telah menyebutkan bahawa menolong orang dapat memberimu kebahagiaan yang akan bertahan lama.

Penelitian juga menyebutkan bahwa orang-orang yang menjadi relawan dalam suatu komunitas akan memiliki kehidupan yang lebih lama daripada yang tidak. Maka dari itu, cobalah mulai dari sekarang untuk membantu sesama. Bukan hanya melakukan kebaikan, kamu juga akan menstimulasi otakmu untuk mengeluarkan hormon kebahagiaan. Selamat membantu orang yang membutuhkan!

2. Gerakkan badanmu, berolahragalah!

Hal yang terbaik adalah melakukan kegiatan fisik yang kamu suka. Menurut National Institute of Health, berolahraga dapat menurunkan tingkat depresi. Saat kamu merenggangkan tubuh hal tersebut dapat menstimulasi pelepasan hormon kebahagiaan, endorfin, dan mengeluarkan hormon serotonin ketika kamu membutuhkannya. Maka dari itu, buatlah resolusi sebaik mungkin untuk bisa meluangkan waktu untuk berolahraga di sela-sela aktifitasmu.

2 dari 2 halaman

3. Cari udara sejenak di luar

[Bintang] Ilustrasi Bahagia dan Bersyukur
Ini alasan agar kamu selalu bersyukur dari segi kesehatan. (Sumber Foto: cdanieldesigns)

Alam memiliki efek terapi yang sangat kuat bagi perasaan yang sedang penat, bimbang maupun putus asa. Menurut New York Department of Environmental Conservation, hanya dengan 5 menit dikelilingi oleh pepohonan dan alam yang hijau dan asri, mood kamu akan meningkat.

Jika kamu melakukannya bersama dengan berolahraga, hal ini dapat melancarkan aliran darhmu dan menghindari hormon-hormon penyebab stress yaitu kortisol dan adrenalin menyerang tubuhmu. Jadi, jangan takut untuk sekadar pergi mencari angin keluar, berjalan di sekitar taman kota untuk mengurangi resikomu dari depresi, keletihan, kegelisahan, kebingungan, dan marah.

4. Selalu beryukur

Mengucapkan rasa syukur dan terima kasih, adalah salah satu cara untuk meningkatkan suasana hatimu. Kamu akan merasakan kebahagiaan dan energi positif datang sendirinya, ketika kamu selalu merasa bersyukur dengan apa yang kamu punya. Tidak ada lagi energi negatif yang datang menghampirimu. Buatlah catatan segala hal yang kamu syukuri dalam hidupmu setiap harinya, agar kamu merasa hidupmu selalu bahagia.

5. Peluklah orang tersayang atau bahkan hewan peliharaanmu

Kesendirian menjadikan kita menjadi tidak bersemangat dan merasakan kesepian menjalani hari. Dengan menyadari bahwa kita dikelilingi orang-orang yang kita sayangi, kita akan merasa bahagia dan dapat menjalani hari dengan bahagia. Dengan memeluk orang yang kita sayangi, telah terbukti bahwa hal ini dapat meningkatkan produksi hormon endorfin dan dopamin dan menurunkan kadar hormon stress kita.

 

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Lindsay Lohan Kembali Berkarya Lewat Lagu Back To Me