8 Cara Usir Bad Mood Agar Bisa Selalu Bersemangat, Mudah Dipraktikkan

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 08 Feb 2019, 14:29 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 16:13 WIB
Bisa Bikin Bad Mood, Setop Konsumsi 7 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Berada pada posisi di mana suasana hati sedang buruk atau bad mood bisa menghalangi kamu untuk beraktivitas. Selain dari dalam diri, suasana hati yang buruk juga bisa berasal dari lingkungan. Bad mood bisa menyerang kapan saja, tanpa peringatan, tetapi tentu ada penyebabnya. 

Kamu bisa bad mood karena hal buruk yang tiba-tiba menimpa, karena rencana tak berjalan sesuai ekspektasi misalnya. Nah, kalau kamu mengalami bad mood atau kegalauan lainnya, coba tenangkan diri dulu dengan beberapa pertolongan pertama pada bad mood.

Berikut pertolongan pertama pada bad mood yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/2/2019).

2 dari 5 halaman

Menyingkir dan cium wewangian

1. Menyingkir sejenak

Mood yang jelek bisa berarti kamu merasa sangat kesal akan suatu hal. Kalau ini yang terjadi, menyingkirlah sejenak dari interaksi untuk mengambil jeda, lalu bernapaslah dalam-dalam. Ini untuk menghindari orang-orang di sekitar kamu ikutan bad mood, dan justru membuat suasana semakin keruh.

2. Cium wewangian

Aromaterapi diciptakan dengan alasan untuk membangun mood dan tubuh kita lebih kompak menjalani aktivitas tertentu. Cara ini bisa kamu coba, kamu bisa juga menyalakan wewangian lainnya yang bisa mengusir bad mood seperti jeruk atau lemon, bergamot, juga lavender.

3 dari 5 halaman

Dengarkan musik dan kurangi bicara

Ilustrasi dengar musik
Ilustrasi dengar musik

3. Dengarkan Musik dan Mengunyah Permen Karet

Soal pilihan lagu bisa berbeda-beda di setiap orang ada yang merasa tenang justru ketika mendengar musik 'keras,' ada juga yang merasa lebih tenang ketika mendengar musik yang tenang juga. Intinya, pilih jenis musik yang bisa membantu kamu memperbaiki mood dan mengunyah permen karet juga bisa meredam bad mood.

4. Kurangi frekuensi dan kuantitas bicara

Masih bad mood setelah melakukan tiga hal tadi? Daripada kamu marah-marah atau melontarkan omongan sarkas, sebaiknya kurangi dulu frekuensi bicara kamu, kecuali memang kamu butuh untuk bicara dengan seseorang.

4 dari 5 halaman

Membayangkan jadi yang ideal dan banyak bersyukur.

Semangat bekerja (Ilustrasi iStock)
(Ilustrasi iStock)

5. Bayangkan diri kamu yang ideal

Membayangkan diri kamu yang 'ideal,' yang tenang, percaya diri, dan sukses, bisa membuat kamu merasa lebih baik. Bahkan meski kamu perlu waktu panjang untuk mencapainya di kehidupan nyata. Cara tersebut akan menstimulasi otak kamu untuk memikirkan hal-hal yang membuatmu bahagia.

6. Bersyukur

Mood yang buruk bisa terjadi karena ada sesuatu yang berjalan tidak sesuai harapan. Saat itu mungkin kamu merasa semuanya tidak adil dan membuat kamu terpuruk. Padahal dengan bersyukur dan berdamai dengan keadaan, dengan segala kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki, akan jauh lebih melegakan dan membahagiakan.

5 dari 5 halaman

Meditasi dan minum teh.

[Fimela] Ilsutrasi Pilates
Ilustrasi (Sumber: pixabay.com)

7. Meditasi

Saat bad mood melanda, cobalah menepi dan lakukan meditasi sejenak. Meditasi adalah latihan memfokuskan pikiran untuk membantu seseorang agar memiliki kesadaran penuh dan merasa tenang. Praktik ini umumnya dijalankan dengan duduk tenang dengan mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur selama setidaknya 15-20 menit.

8. Minum teh

Meneguk secangkir teh, terutama teh hijau memberi efek rileks dan menenangkan. Jika sedang bad mood tak ada salahnya minum teh. Kalau tak ada teh hijau, kamu bisa mencoba teh hitam atau jenis teh lain. Efek semuanya sama, bisa membuat kamu lebih tenang dan rileks. Bad mood juga bisa hilang seketika.

Lanjutkan Membaca ↓
Emak-Emak Menantang Maut, Hentikan Motornya di Jalur Lawan Arah