Sukses

Hati-hati, Hindari 5 Topik Ini Saat Ngobrol dengan Rekan Kerja di Kantor

Menjalin hubungan baik dengan rekan kerja merupakan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi oleh semua orang.

Liputan6.com, Jakarta Lolos wawancara kerja menjadi dambaan banyak orang. Tak sedikit orang yang rela mati-matian demi mendapatkan pekerjaan.

Dalam lingkungan kerja, bekerja sama dan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja merupakan kebutuhan wajib yang harus dipenuhi dalam sebuah tim. Oleh karena itu, sikap profesional diperlukan setiap orang agar karier bisa berjalan dengan lancar.

Untuk itu, membangun hubungan kerja dengan rekan kerja dapat dilakukan dengan cara menghindari 5 topik obrolan berikut ini.

Selengkapnya, Liputan6.com sajikan penjelasan mengenai 5 topik yang harus dihindari saat mengobrol dengan rekan kerja di kantor, seperti yang dirangkum dari Youngisthan, Kamis (7/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Obrolan yang salah justru menjadi masalah

1. Menanyakan gaji

Topik pertama yang harus kamu hindari saat ngobrol dengan rekan kerja adalah menanyakan besaran gaji yang didapat. Topik sensitif ini dapat menimbulkan konflik yang tidak akan kamu duga. Bisa jadi, rekan kerjamu mendapat gaji yang lebih rendah darimu.

Alhasil, dia akan meninggalkan tempat kerja karena merasa dibedakan. Lebih parah lagi jika ternyata dia menyimpan dendam padamu. Untuk itu, sebisa mungkin hindari topik ini saat mengobrol dengan rekan kerja di kantor.

2. Membicarakan sesama rekan kerja

Selain menanyakan gaji, bergosip adalah hal yang sangat berbahaya. Mungkin kamu sendiri tidak menyadarinya, tapi membicarakan sesama rekan kerja bisa berakibat fatal. Tindakan ini sama saja dengan membully atau merundung rekan kerjamu. Padahal, mereka juga bersusah payah memeras keringat untuk menghidupi diri, sama persis seperti dirimu.

Selain itu, rekan kerja yang kamu ajak ngobrol juga belum tentu dapat menjaga rahasia dengan baik. Mungkin suatu saat dia akan mengadu domba dirimu dan seseorang yang kamu bicarakan di belakang. Alhasil, kamu juga akan mendapat getahnya.

3 dari 3 halaman

Terdengar sepele tapi bisa memperkeruh suasana kantor

3. Kehidupan pribadi

Jangan beberkan semua tentang kehidupan pribadimu kepada rekan kerjamu. Meskipun kamu merasa dia bisa dipercaya, namun siapa tahu dia akan menusukmu dari belakang. Pasalnya, tidak ada manusia sempurna di dunia ini.

Berpikir negatif memang tidak baik, namun tidak ada salahnya untuk mencegah hal-hal buruk menghampiri karirmu hanya karena terlalu percaya pada orang lain.

4. Masalah kerja

Waktu terus berjalan, hal ini juga berlaku pada hubunganmu dengan rekan kerja di kantor. Hanya karena kamu sudah akrab dengan rekan kerjamu, jangan sampai kamu ceritakan masalah pekerjaan yang menjadi rintanganmu dalam bekerja.

Bisa jadi, saat kamu curhat tentang hal tersebut, rekan kerjamu diam-diam membeberkannya kepada atasan. Selain itu, rekan kerja yang kamu ajak curhat belum tentu akan mendengarkan ceritamu dengan seksama. Apalagi, untuk membantumu mengatasi masalah yang kamu hadapi.

5. Keburukan kantor

Banyak orang yang menggunjingkan perihal kondisi kantornya yang tidak nyaman. Selain itu, tak jarang orang-orang membandingkan tempat kerjanya dengan tempat kerja orang lain. Tak hanya membawa aura negatif, obrolan ini juga perlu kamu hindari karena dari awal kamu sendiri yang memilih bekerja di tempat kerjamu sekarang ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini