Sukses

5 Sisi Positif Tidur dengan Hewan Peliharaan, Ternyata Bisa Mengusir Hantu

Kamu suka hewan peliharaan?

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang menyatakan bahwa hewan peliharaan adalah teman terbaik yang dimiliki manusia. Terkadang, sebagian orang mengungkapkan bahwa hewan peliharaan tidak akan pernah mengkhianati. Ditambah, hewan peliharaan juga tidak akan berbohong dan menyakiti perasaan pemiliknya. 

Memiliki hewan peliharaan memang menjadi kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. Tak jarang hewan peliharaan bahkan diajak tidur bersama si pemilik karena saking cintanya dengan binatang. Sebelumnya, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa tidur dengan hewan peliharaan dapat mengancam kesehatan manusia.

Namun, beberapa penelitian baru kini menemukan fakta terkait sisi positif tidur dengan hewan peliharaan yang kemudian membawa kabar bahagia untuk kamu yang memelihara hewan di rumah.

Selengkapnya, berikut Liputan6.com paparkan 5 sisi positif tidur dengan hewan peliharaan untuk kamu para pecinta binatang, yang dirangkum dari Bright Side, Rabu (6/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Merasa aman dan nyaman

Beberapa orang memilih membawa hewan peliharaannya untuk tidur bersama tiap malam. Rasa aman saat tidur dapat membuat seseorang melupakan kekhawatirannya hingga mereka bisa tidur dengan lelap.

Konon, hewan peliharaan seperti kucing bisa mengalihkan perhatian hantu yang menganggu manusia. Hal ini dikarenakan para hantu lebih memilih bermain dengan kucing yang lucu ketimbang menganggu tidur manusia

3 dari 6 halaman

2. Mengurangi rasa kesepian

Khusus mereka yang single, memelihara hewan bisa dijadikan alternatif untuk mengurangi rasa kesepian. Apalagi di malam yang sepi, tidur bersama hewan peliharaan dapat membuat tidurmu semakin lelap.

Kamu tidak perlu memikirkan hal-hal aneh yang ada di rumah karena dengan adanya hewan peliharaan, mereka akan siap sedia menemani dan menghibur diri yang tengah kesepian.

4 dari 6 halaman

3. Tidak akan bangun kesiangan

Tidak seperti manusia, hewan memiliki rutinitas yang tidak pernah terlewati. Dengan mengajak hewan peliharaan untuk tidur bersama, mereka bisa membangunkanmu di waktu yang sama tiap harinya.

Meskipun kamu bisa tidur nyenyak dengan adanya hewan peliharaan di kasurmu, kamu juga bisa bangun awal karena mereka pasti bangun lebih dulu ketimbang dirimu. Hal ini terjadi karena hewan peliharaan akan merasa lapar di pagi hari, sehingga mereka akan memintamu menyiapkan sarapan untuknya dengan cara membangunkanmu dari tidur.

5 dari 6 halaman

4. Meringankan sakit kronis

Terdapat istilah khusus yang digunakan untuk kondisi dimana seseorang tidak bisa tidur karena rasa sakit, yaitu painsomnia. Rasa sakit ini dapat mempengaruhi kualitas tidur sehingga berpengaruh pada kualitas fisik dan mental seseorang.

Untuk meringankan painsomnia, sebuah penelitian di Kanada mengungkapkan bahwa hewan peliharaan dapat membantu mereka yang memiliki sakit kronis agar bisa tidur dengan nyenyak. Alasannya karena hewan peliharaan bisa mendistraksi rasa sakit seseorang sehingga bisa mengurangi painsomnia.

6 dari 6 halaman

5. Memberi ketenangan

Bukan rahasia lagi bahwa hewan peliharaan, salah satunya anjing dapat membantu melawan rasa cemas dan depresi. Tidur dengan anjing peliharaan dapat membantumu menurunkan tingkat stres setelah seharian bekerja.

Selain itu, beberapa orang dan studi membuktikan bahwa irama napas, detak jantung, dan kehadiran anjing di sekitar kamu adalah salah satu resep tidur nyenyak yang terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.