Sukses

Kamu Introvert? Begini 5 Cara Mudah Berkenalan agar Cepat Mendapat Teman

Meski introvert kamu tetap membutuhkan teman, kan?

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seseorang yang introvert mungkin merasa nyaman-nyaman saja. Kamu yang memiliki kepribadian ini senang menyendiri dan sulit berbaur dengan orang lain. Tak sedikit dari kamu yang kerap menikmati dunianya sendiri tanpa peduli dengan orang lain. 

Meski menurutmu nyaman, ternyata menjadi pribadi yang introvert memiliki beberapa masalah terutama dalam lingkungan baru. Seperti menjalin koneksi dan menambah teman baru bukan hal yang mudah.

Namun, jangan sedih ada beberapa cara mudah yang bisa diikuti oleh para introver supaya sukses memiliki teman baru dan memperluas koneksi. Berikut 5 cara berkenalan untuk orang introvert agar mudah mendapat teman yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jadilah diri sendiri

Kalau kamu merasa terlalu introvert dan itu justru akan menahan diri kamu untuk aktif. Jangan malu untuk menunjukkan diri kamu yang sebenarnya. Jangan berubah jadi orang lain hanya dengan tujuan agar disukai. Walaupun sulit setidaknya kamu mencoba, kamu juga jangan malu untuk menyapa duluan.

Sapalah orang yang kamu temui pagi ini, atau teman satu kosan yang tak sengaja bertemu di jalan. Jangan pernah malu atau enggan menyapa. Yakin saja, langkah sederhana ini bisa membuatmu jadi lebih terbuka terhadap orang lain.

3 dari 6 halaman

2. Ubah mindset

Daripada berpikir, "Apa yang harus aku katakan para mereka?", lebih baik kamu berpikir, "Bagaimana aku membuat orang yang ada di sekitar ku merasa nyaman." Selalu tersenyum merupakan cara paling sederhana dan gak membutuhkan banyak effort.

Kamu cukup pasang senyum ramah pada semua orang. Bahkan, dengan tersenyum mereka juga jadi tahu bahwa kamu itu ramah dan tidak sombong.

4 dari 6 halaman

3. Jangan memaksakan diri

Maksudnya, jangan memaksakan diri untuk berakrab-akrab ria dengan orang-orang yang menurut kamu tidak menyenangkan. Jika dari jauh kamu sudah melihat kalau sifatnya kurang baik, jangan capek-capek untuk mendekatinya. Dekatilah mereka yang menurut kamu menyenangkan dan memiliki banyak kesamaan dengan kamu.

5 dari 6 halaman

4. Jadikan sebagai kebiasaan

Ini merupakan cara terbaik untuk melawan ketakutan kamu adalah dengan menghadapinya. Jadi, ketika melihat ada kerumunan orang di dalam suatu acara atau acara kantor, mendekatlah dan coba bergabung. Tak masalah jika kamu pendiam awalnya, lama-lama kamu akan terbiasa dan mulai ikut membuka suara.

Dan ingat setiap kali kamu terlibat perbincangan dengan orang lain, jangan hanya menjadi pasif. Namun, kamu juga harus memposisikan sebagai si aktif. Sambut obrolan si lawan bicara dengan antusias dan juga ceritakan pengalaman yang kamu punya.

6 dari 6 halaman

5. Baca berbagai sumber supaya kamu juga punya banyak topik pembicaraan.

Bingung memulai topik pembicaraan? Membaca berbagai sumber bisa dijadikan salah satu solusinya. Dengan membaca berita, novel, atau bahkan komik wawasanmu bakal bertambah. Selain itu, update juga dirimu dengan informasi terkini, entah itu politik, olahraga, isu dunia, atau bahkan film yang sedang booming.

Percaya, wawasan yang kamu punya ini akan mempermudahmu untuk selalu mengawali topik perbincangan dengan orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini