Sukses

Jangan Buru-Buru Cemburu, Ini 5 Alasan Pacar Sering Bicarakan Mantan

Pembicaraan soal mantan sering bikin hubungan menjadi renggang.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang memiliki pasangan dan sedang menjalani suatu hubungan pastilah mendambakan keharmonisan dan hubungan yang langgeng. Namun, terkadang sikap terbuka dari pasangan justru membuat kamu merasa canggung bahkan emosi. Salah satunya, ketika pasangan membicarakan soal mantan.

Pembicaraan tentang mantan, lambat laun akan muncul di antara kalian berdua. Nggak ada salahnya untuk membahas mantan dalam masa lalu pasangan. Namun, bagaimana kalau dia terus-menerus mengungkit sang mantan dan hubungan masa lalunya dalam setiap pembicaraan?

Apakah itu tandanya pasangan kamu belum move on? Berikut alasan kenapa pacarmu sering bicarakan mantan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Pacar Bicarakan Mantan

1. Berharap Kamu Lebih Baik dari Sang Mantan

Tak ada manusia yang ingin jatuh ke lubang yang sama. Biasanya jika pasangan kamu membicarakan mantan itu bukan berarti dia belum move on, tapi dia menginginkan kamu menjadi sosok yang lebih baik dari sang mantan. Wajar sih, tapi jika kamu tidak terima, tak ada salahnya menjelaskan padanya kamu bukanlah mantannya.

2. Ingin Menunjukkan Pengalaman

Tak sedikit orang yang membicarakan sang mantan di depan kekasihnya karena ingin dianggap sudah ‘berpengalaman’ dalam urusan cinta dan pacaran. Sebenarnya si dia hanya ingin terlihat keren di depanmu. Jadi, jika pasangan kamu melakukan hal ini, tak perlu ragu untuk membalasnya dengan kalimat, “Iya, iya, aku tahu, kok. Kamu sudah cerita berulang kali.”. Tak perlu emosi karena itu bukan berarti pasanganmu masih cinta dengan mantannya.

3 dari 3 halaman

Paham situasi sebelum emosi

3. Ingin Menguji Seberapa Besar Cintamu

Ini adalah hal yang paling sering dilakukan oleh siapa saja yang memiliki pasangan. Biasanya pasagan kamu hanya mengetes apakah kamu benar-benar mencintainya atau tidak dengan membuatmu cemburu. Cara dewasa untuk menghadapinya ialah dengan diam saja atau jika kamu mau, berpura-pura cemburu saja.

4. Hanya Teringat Kenangan Baik

Ketika pacarmu mulai bicara tentang mantanya, dia biasanya hanya teringat akan kenangan baik yang pernah dia terima. Itu bukan berarti dia masih memiliki rasa terhadap mantanya, jadi jangan langsung emosi ya.

5. Agar Kamu Lebih Mengenal Dia

Tak semuanya buruk, kok. Alasan pacarmu membicarakan sang mantan di depanmu, bisa jadi karena dia ingin kamu lebih mengenal dirinya. Hal itu bisa menjadi pertanda baik, karena berarti tak ada hal yang ingin dia tutupi dari kamu.

Cara menghadapinya jika sudah mulai membicarakan sang mantan ialah dengan berkata, “Kalau begitu, aku juga ingin kamu lebih mengenal aku.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.