9 Bahan Ini Ampuh Bersihkan Kotoran Telinga yang Mengeras

Oleh Sulung Lahitani pada 06 Feb 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 06 Feb 2019, 13:00 WIB
Kotoran Telinga Sebabkan Sumbatan di Telinga
Perbesar
Kotoran Telinga Sebabkan Sumbatan di Telinga

Liputan6.com, Jakarta - Bila kebersihan telinga tidak dijaga, kotoran di bagian tubuh tersebut bisa menumpuk dan menyumbat. Ujung-ujungnya, telinga terasa sakit karena penumpukan kotoran tersebut.

Berikut cara membersihkannya seperti dirangkum dari beberapa sumber.

1. Minyak kelapa

Kandungan asam lemak pada minyak kelapa yang merupakan bahan alami, efektif dalam melawan mikroba sehingga menurunkan risiko infeksi saat membersihkan kotoran telinga yang beku.

Caranya, panaskan secukupnya satu sendok makan minyak kelapa, tuang beberapa tes perlahan ke telinga yang sakit. Diamkan selama 10 menit, lalu miringkan kepala untuk mengeluarkan kotoran yang telah meleleh. Ulangi bila perlu.

2. Minyak almond

Minyak ini juga berfungsi sebagai pelumas untuk menghilangkan kotoran telinga. Caranya sama seperti saat menggunakan minyak kelapa.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 4 halaman

3. Baby oil

johnson-baby-oil-125-ml
Perbesar
johnson-baby-oil-125-ml

Baby oil yang merupakan minyak mineral dengan tambahan aroma wangi menenangkan, sangat baik untuk melembutkan kotoran telinga. Siapkan baby oil, pipet penetes, dan bola kapas. Masukkan beberapa tetes baby oil dengan pipet atau bola kapas ke telinga yang tersumbat.

Kemudian, tutup lubang telinga dengan menggunakan bola kapas lainnya. Diamkan selama beberapa waktu, lalu lepaskan dari telinga.

4. Baking soda

merupakan terapi alami yang bisa membersihkan kotoran telinga. Ini juga bisa berfungsi sebagai antiseptik.

Caranya, siapkan 1/4 sendok teh baking soda, 2 sendok teh air, dan kain lembut. Campurkan baking soda dengan air.

Tuang beberapa tetes ke dalam telinga dengan pipet. Biarkan beberapa menit lalu miringkan kepala untuk mengeluarkannya baru dibersihkan dengan kain lembut.

5. Minyak apel

Sifat antibakter dan antijamurnya juga sangat baik untuk mengatasi mikroba berbahaya yang mungkin berada di saluran telinga. Caranya, campurkan minyak apel dengan air, lalu teteskan pada telinga.

Diamkan beberapa menit, miringkan kepala untuk mengeluarkannya.

 

3 dari 4 halaman

6. Air garam

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Siapkan air garam dan kapas bersih. Campurkan 1 sdm garam ke dalam air, basahi kapas dengan air garam. Lalu teteskan ke telinga, tutup telinga dengan kapas lainnya baru dibersihkan.

7. Minyak bawang putih

Kandungan antibiotiknya juga ampuh membersihkan telinga yang sakit karena kotoran menumpuk di sana. Caranya, ambil 3 siung bawang putih dan panaskan dengan minyak hingga sedikit menghitam.

Setelah bawang putih meresap minyak, remas perlahan agar minyak dalam bawang menetes keluar. Teteskan hasil minyak tersebut ke dalam telingamu.

 

4 dari 4 halaman

8. Air hangat

[Fimela] Air hangat
Perbesar
Air hangat | unspalsh.com

Ini dapat melembutkan kotoran telinga yang telah mengeras, menghilangkan debu, minyak, dan lainnya.

Caranya, siram air hangat ke dalam telinga dan diamkan beberapa menit. Lalu miringkan kepala agar kotoran telinga meleleh keluar.

9. Alkohol dan cuka

Campuran kedua bahan ini juga ampuh melarutkan kotoran telinga. Caranya, siapkan masing-masing satu sendok teh alkohol dan cuka. Campurkan keduanya lalu teteskan ke telinga.

Reporter: Nur Luthfiana Hardian

Sumber: Brilio.net

Lanjutkan Membaca ↓