Alasan Mengapa Jeruk Wajib Ada Saat Perayaan Imlek

Oleh Liputan6.com pada 05 Feb 2019, 13:00 WIB
jeruk

Liputan6.com, Jakarta - Individu keturunan Tionghoa, kini tengah merayakan Tahun Baru Cina atau Imlek yang jatuh pada 5 Februari 2019. Momen setahun sekali ini tentu sangat dinantikan, karena menjadi ajang kumpul, sembahyang dan bagi-bagi angpao bersama keluarga.

Saat Imlek tiba, tentu ada saja tradisi yang tetap dilestarikan dan dilakukan tiap tahunnya. Salah satunya yakni menyiapkan beberapa makanan yang wajib ada saat perayaan Tahun Baru Cina. Nah, ada satu makanan yang harus ada saat Imlek. Makanan ini adalah jeruk.

Pasti kamu penasaran kan mengapa buah ini wajib hadir saat perayaan Imlek? Kata Cina untuk 'jeruk' dan 'emas' terdengar hampir sama. Maka dari itu, menghidangkan jeruk mandarin dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran.

 

2 of 2

Hal Unik Lainnya

Ilustrasi jeruk (iStock)
Ilustrasi jeruk (iStock)

Menyediakan jeruk pada saat Imlek dianggap akan memberikan semakin banyak keberuntungan. Jeruk yang dihidangkan pun lebih baik jika memiliki daun. Daun pada jeruk melambangkan panjang umur.

Selain itu, orang Tionghoa juga tidak akan menyediakan jeruk hanya empat buah. Dalam kepercayaan Cina, empat identik dengan kematian. Tak heran jika mereka sangat menghindari angka tersebut.

Sumber: Vemale.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by