Sukses

Deretan Warna Pembawa Keberuntungan Saat Perayaan Imlek, Apa Saja?

Nah, penasaran warna apa saja yang akan membawa keberuntungan saat perayaan Imlek di tahun Babi Tanah ini?

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru Cina atau Imlek tak lepas dari tradisi-tradisi khasnya. Tradisi ini biasanya sudah berlangsung sekian lama dan turun temurun dilakukan. Tradisi tersebut juga mempunyai makna-makna tertentu.

Namun selain itu, warga Tionghoa juga memiliki kepercayaan soal angka-angka dan warna keberuntungan saat Imlek tiba. Nah, penasaran warna apa saja yang akan membawa keberuntungan saat perayaan Imlek di tahun Babi Tanah ini? Berikut ulasannya.

1. Merah

Perayaan Imlek selalu identik dengan merah. Warna merah menyimbolkan kebahagiaan, kesuksesan dan nasib baik. Tak heran jika warna ini seringkali menjadi warna utama di berbagai acara. Warna ini juga digunakan sebagai warna amplop angpao dengan harapan agar yang memberi dan menerima angpao diberkahi kemakmuran dan kebahagiaan.

2. Oranye

Siapkan tahun ini dengan petualangan baru dan hal yang menyenangkan. Ide-ide kreatif akan rencana tersebut bisa dibantu dengan kehadiran warna oranye. Jiwa muda dan penuh petualang disebut akan mendatangkan keberuntungan perayaan Imlek di tahun Babi Tanah ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Hijau

Selain merah dan oranye, hijau juga kerap kali dipakai saat perayaan Tahun Baru Cina. Hijau juga diklaim menjadi warna pembawa keberuntungan.

Hijau adalah warna yang menyimbolkan uang dan harta. Diyakini juga bahwa warna ini membawa kemakmuran bagi gedung-gedung yang dibangun dengan warna ini. Memadukan warna hijau dan merah diyakini akan mendatangkan rejeki.

4. Kuning Emas

Kuning keemasan diklaim sebagai simbol keningratan dan kekuatan. Bahkan pada zaman dinasti pertama di Tiongkok, Raja dikenal sebagai Yellow Emperor atau Raja Kuning.

Melansir China Highlights, ketika masa Dinasti Song (960-1279), warna kuning digunakan untuk melapisi seluruh lantai istana. Sedangkan pada Dinasti Ming (1368-1644) dan Dinasti Qing (1636-1911), para raja mengenakan jubah kuning emas, bahkan bendera kenegaraan juga berwarna kuning. Itulah yang membuat warna kuning dipercaya akan membawa kekuatan.

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini