Sukses

Warga Jepang Ternyata Hanya Internetan 3 Jam Sehari, Ini Fakta Kesehariannya

Indonesia 8 Jam sehari.

Liputan6.com, Jakarta Jepang terkenal sebagai negara dengan teknologinya yang serba canggih. Tidak hanya itu, selain menjadi negara maju, Jepang juga memiliki budaya unik yang cukup banyak. Masyarakat Jepang sangat menjaga nilai-nilai sejarahnya. 

Beberapa produk keluaran Jepang banyak digunakan masyarakat Indonesia seperti televisi, motor, mobil dan lainnya. Banyaknya produk yang dihasilkan oleh Jepang ini menunjukkan kecanggihan serta betapa produktifnya masyarakat Jepang dalam menjalani hidup.

Uniknya, meski sebagai negara maju, masyarakat Jepang ternyata minim menggunakan internet. Dikutip dari laman Wearesocial dalam Global Digital 2019, masyarakat Jepang hanya menggunakan internet 3 jam 45 menit dalam sehari. Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang menggunakan internet 8 jam 38 menit sehari. 

Penggunaan internet yang sangat minim inilah yang membuat masyarakat Jepang dapat melakukan dan menciptakan banyak hal-hal yang bermanfaat dan produktif. Selain penggunaan internet yang sedikit, ternyata masyarakat Jepang juga sangat minim dalam menggunakan smartphone, loh.

Berikut beberapa fakta masyarakat Jepang yang dihimpun dari berbagai sumber Jumat (1/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tidak Telponan di Kendaraan Umum

Di Jepang, hampir semua warganya terbiasa dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta atu bis. Uniknya, semua masyarakat Jepang ini tidak pernah menerima telepon atau menelpon saat berada di transportasi umum. 

Hal ini karena orang Jepang memiliki kultur yang tinggi dalam menghargai orang. Jadi, menelpon di transportasi umum dianggap akan mengganggu kenyaman orang lainnya.

3 dari 4 halaman

2. Dimarahi Menggunakan Smartphone Saat Bekerja

Seperti yang sudah kamu ketahui, kalau semua produk yang dihasilkan oleh Jepang ini merupakan usaha dari masyarakatnya yang sangat tertib dalam urusan pekerjaan. Jam kerja di Jepang berada di atas rata-rata seperti yang ada di Indonesia. Masyarakat Jepang sangat tidak suka dengan orang yang tidak serius dalam bekerja.

Oleh karena itu, saat kamu ketahuan membuka smartphone di jam kerja, maka bos atau teman kamu akan marah dan menegurmu.

4 dari 4 halaman

3. Tidak Menggunakan Smartphone Sambil Jalan

Membalas pesan di media sosial memang sangat mengasyikan bagi kamu yang tinggal di era digital seperti saat ini. Tak heran jadinya banyak menemukan orang-orang yang menunduk untuk memainkan smartphone-nya sambil berjalan. Namun, Jepang fenomena ini banyak ditemui dan dikenal dengan istilah aruki-sumaho.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.