Waspadai Sambaran Petir di Luar Ruangan, 4 Hal Ini Harus Kamu Ketahui

Oleh Liputan6dotcom pada 04 Feb 2019, 11:00 WIB
Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Sepekan ke Depan

Liputan6.com, Jakarta - Hampir setiap hari beberapa wilayah di Indonesia diguyur hujan dari intensitas ringan sampai tinggi. Bahkan mengakibatkan angin kencang dan menimbulkan petir. Menurut ilmu fisika, petir terjadi karena adanya perbedaan potensial antara awan dan bumi atau antar sesama awan.

Sebelum petir terjadi, mungkin kamu pernah melihat kilatan cahaya di langit. Bagi beberapa orang merasa ketakutan mendengar suara petir yang kadang menggelegar dan mengejutkan. Namun bukan tidak mungkin orang dapat terkena petir tersebut.

Petir menjadi sangat berbahaya jika sudah menyambar manusia. Tubuh akan menimbulkan luka bakar atau bukan tidak mungkin menyebabkan kematian. Bagi kamu yang berada di luar ruangan perlu hati-hati. Berikut tips menghindari sambaran petir di luar ruangan, dilansir dari berbagai sumber.

1. Cari tempat berlindung

Ketika hujan sangat lebat biasanya akan diiringin dengan petir yang bersahutan. Ada baiknya saat hujan cari tempat berlindung dan beteduhlah.

Hindari berlindung di tempat yang terbuka seperti lapangan. Carilah tempat berlindung yang jauh dari tempat terbuka, tetap waspada dengan petir yang datang.

2. Jauhi tiang

Saat petir datang, hindari berdiri atau berdiam dekat tiang. Kamu juga harus menghindari menara yang tinggi. Tempat seperti itu bisa menjadi media menghantar petir.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 of 2

3. Hindari pohon

Naik Motor Saat Hujan
Naik motor saat hujan, perlu beberapa hal yang perlu dipersiapkan (Foto: astra-honda.com).

Petir biasanya datang secara tiba-tiba, ketika hujan turun hindari berlindung di bawah pohon. Jika pohon tersebut tersambar petir, energi petir akan lompat ke tubuh. Tentunya kamu tidak ingin hal seperti ini terjadi.

4. Segera keluar dari air

Mungkin saat hujan kamu sedang berenang di kolam renang atau sedang bermain air di sungai. Jika kamu mengalami hal seperti ini, segeralah keluar dari air. Air menjadi sasaran petir untuk melepaskan energi.

 

Penulis:  

Nihlah Fauziyatul Wafa

Lanjutkan Membaca ↓