Sukses

Waspada, Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Petir Menyambar Rumahmu

Berikut hal yang harus dihindari jika kamu berada di dalam ruangan ketika petir muncul.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hanya hujan yang turun lebih sering saat musim ini. Diikuti dengan angin yang cukup kencang di beberapa wilayah di Indonesia. Selain angin ketika musim hujan juga akan muncul kilat dan petir. Apa kamu termasuk yang takut dengan suara petir? Suara yang menggelegar seringkali membuat orang yang mendengarkan terkejut.

Tidak hanya itu kilat yang dihasilkan juga menimbulkan ketakutan bagi beberapa orang. Saat di dalam ruangan mungkin kamu merasa aman karena petir tidak bisa masuk ke rumah. Meski begitu ketika muncul petir kamu perlu mengindari hal-hal ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut hal yang harus dihindari jika kamu berada di dalam ruangan ketika petir muncul.

1. Tetap berhati-hati

Saat petir muncul, kamu sebaiknya hindari berinteraksi dengan benda-benda yang terbuat dari logam dan kayu, karena hal tersebut bisa berbahaya. Tutup semua pintu dan jendela, jangan terlalu dekat.

2. Jauhi kontak listrik

Tidak ada salahnya kamu berjaga-jaga ketika ada petir. Jauhi diri kamu dan keluarga dari kontak listrik. Hal tersebut karena petir lebih mudah menyambar sesuatu yang teraliri listrik.

Kamu juga bisa matikan stop kontak, ini sebabnya jika hujan lebat disertai petir sering terjadi mati listrik atau mati lampu. Agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Matikan barang elektronik

Kamu sering menonton tv? Ketika hujan lebat turun ada baiknya kamu mematikan tv. Kamu juga perlu mematikan barang elektronik yang masih tersalur listrik. Hal ini dilakukan untuk menghindari sambaran petir. Kamu pasti pernah melihat di media mainstream penyebab rumah tersambar petir adalah menyalakan tv saat hujan deras.

4. Jangan main handphone

Handphone juga memiliki muatan listrik di dalamnya, apalagi kamu harus menghindari main handphone di luar ruangan saat hujan tiba. Itu dapat memicu sambaran petir. Lebih baik lakukan kegiatan lain, seperti membaca buku, merapikan rumah dan lain-lain.

 

Penulis: 

Nihlah Fauziyatul Wafa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.