4 Kasus Buang Sampah Sembarangan yang Pernah Viral, Nggak Banget Deh

Oleh Tyas Titi Kinapti pada 01 Feb 2019, 16:02 WIB
Sampah

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu yang lalu, viral sosok warga yang tertangkap basah tengah membuang sampah di Kali Krukut, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Warga berinisial MS tersebut kepergok membuang sampah pada Rabu 30 Januari 2019 lalu. 

Aksi itu sempat difoto oleh petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup yang langsung dilaporkan kepada Staf Seksi Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup. "Setelah diadakan musyawarah bersama maka saudara MS meminta maaf karena telah membuang sampah ke kali dan membayar denda," ucapnya.

Masalah sampah nyatanya memang jadi hantu bagi negeri ini. Lewat berbagai bukti yang beredar di jagat maya, banyak orang yang belum meninggalkan kebiasaan membuang sampah sembarangan. Tak sedikit orang mengupayakan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan. Namun, tetap saja banyak orang lainnya membuang sampah sembarangan.

4 kasus membuang sampah sembarangan yang sempat viral ini adalah bagian kecil dari kebiasaan yang merugikan itu. Semoga menjadi pengingat semua warga lebih menyayangi lingkungan.  Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber kasus membuang sembarangan yang sempat viral di media sosial

 

Buang Sampah di Kali Saat Ada Petugas, Aksi Cuek Pria Ini Viral
(dinaslhdki/instagram.com)
2 of 5

1. Dua wanita membuang sampah di Pantai Donggala

Buang sampah
Warga buang sampah sempat terekam kamera warga

Pada Februari 2018 lalu, akun Twitter @mozafemimoza mengunggah video berdurasi 18 detik yang memperlihatkan seorang warga tengah membuang sampah di laut. Video itu diambil di Donggala, Sulawesi Tengah.

Dalam video itu terekam seorang perempuan yang mengenakan baju berwarna cokelat berjalan sambil menyeret tong berisi sampah. Sambil terombang-ambing ombak, ia kemudian membalikkan isi tong ke dalam laut.

Video yang diunggah pada Selasa, 13 Februari 2018, itu viral di media sosial.  Yang membuat ramai kala itu, kicauan tersebut langsung ditanggapi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. "Ayo sebarkan (video yang dimaksud) sampai pemda menegur pemilik tempat wisata ini," tulisnya.

3 of 5

2. Oknum polisi membuang sampah sembarangan

Oknum polisi yang seharusnya menjadi teladan yang baik, malah ketahuan ikut-ikutan membuang sampah sembarangan. Kejadian polisi membuang sampah itu sempat terekam dan dibagikan oleh akun twiter @Lime_return pada 2018 yang lalu.

Dalam rekaman yang berdurasi 14 detik itu, terlihat seorang pria dengan kaus putih tanpa ragu memungut sampah yang berasal dari mobil polisi.

Setelah ia mengambilnya, pemuda berambut gondrong itu berjalan ke arah mobil polisi di depannya lalu memberikan kembali sampah yang telah dibuang dari mobil polisi

4 of 5

3. Mobil PT Pos Buang Sampah di Sungai

buang sampah
mobil PT Pos kepergok buang sampah

Pengemudi mobil box bertuliskan PT Pos  terpergok membuang sampah di sungai terpergok warga Kampung Lio RW 01, Kelurahan Cipamokolan Kecamatan Rancasari.  Pemilik akun @agitbastard tersebut mengunggah video tersebut pada September 2018 lalu.

Dalam akun instagramnya dia menulis "Terciduk !! Sekitar jam 03.40 mobil pos indonesia dengan no kendaraan D 8214 ET semoat membuang dampah di lahan tanah kosong sekitaran sungai kali cipamokolan.

Untungnya terciduk oleh warga masyarakat Kampung Lio RW 01 Kelurahan Cipamokolan Kecamatan Rancasari. Dan begitu terciduk sampahnya langsung dibawa kembali. Pelakunya dua orang, laki laki dan 1 perempuan," ungkapnya. 

Saat menurunkan sampah, ada masyarakat yang melihat dan menyampaikan bahwa di tempat tersebut dilarang buang sampah di lokaso terse. Pelaku pun akhirnya meminta maaf dan segera memasukkan kembali kantong berisi sampah tersebut ke dalam mobil.

5 of 5

4. Pria Membuang sampah Sembarangan

Dikutip dari laman Merdeka, video ini mendadak jadi perbincangan pada September 2017 yang lalu. Dalam video tersebut seorang pria tertangkap hendak membuang sampah sembarangan ke bawa jembatan. Pria itu kaget saat ada orang yang menegurnya.  Video tersebut juga mendapatkan respon negative dari warganet.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by