Telan Berlian Senilai Rp 565 Juta, Pria Ini Mengaku Kesurupan

Oleh Liputan6.com pada 01 Feb 2019, 10:32 WIB
Diperbarui 01 Feb 2019, 10:32 WIB
Cincin Berlian

Liputan6.com, Jakarta Berlian bisa jadi sebuah benda kecil berkilau yang dapat menarik perhatian setiap mata. Berlian juga benda yang membuat banyak orang iri saat kamu menggunakannya. Namun sayangnya, benda ini adalah sebuah benda yang sangat mahal, sehingga tidak semua orang dapat memilikinya. 

Dilansir dari Odditycentral.com, seorang pria 54 tahun mencuri sebuah cincin bertahtakan berlian dan dengan nekat menelannya di sebuah toko perhiasan turki. Kejadian ini berawal ketika pria asal Irlandia itu sedang berlibur di Turki, Marmaris. Dia lantas mengunjungi sebuah toko perhiasan dan menjalankan aksinya. 

Pria yang diketahui bernama Ian Campbell ini mencuri salah satu cincin berlian dengan cara menelannya. Tak tanggung-tanggung, Ian menelan cincin berlian seharga 40.000 dolar atau setara dengan Rp 565 juta. Dirinya ditangkap karena petugas toko perhiasan yang mulai menyadari perhiasannya hilang dan setelah diselidiki Ianlah pelakunya.

Ian lantas dibawa ke rumah sakit untuk mengeluarkan cincin berlian itu dengan cara dipaksa mengkonsumsi obat pencahar dan melompat-lompat. Namun, usaha yang dilakukan selama dua hari itu gagal yang mengharuskan dirinya menjalani prosedur operasi untuk mengeluarkan berlian tersebut. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

2 dari 2 halaman

Berkelit

Pencuri Berlian di Turki
(Foto : Pencuri Berlian / Odditycentral.com)

Ketika dimintai keterangan oleh polisi, Ian sempat berkelit. Ian menceritakan dirinya terobsesi dengan cincin berlian mahal karena dia kehilangan istri serta mobilnya saat kecelakaan terjadi. Di situ dia juga kehilangan cincin pernikahannya. Dia juga mengaku dengan seketika kehilangan kesadarannya ketika melihat berlian itu. 

"Saya tak sadarkan diri ketika melihat berlian itu. Saya bahkan tak dapat mendengar apa yang diucapkan penjaga toko karena saya sedang kesurupan. Ketika sadar kembali, saya menemukan diri saya telah menyimpan berlian itu di dalam kantong dan karena panik saya memutuskan untuk menelannya" ucap Ian. 

Apapun yang melatar belakangi perbuatannya itu tetaplah sebuah tindak pencurian. Pihak berwajib tidak terpengaruh dan tetap memprosesnya dengan dakwaan pidana pencurian perhiasan berlian tersebut. 

Reporter:

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial Ilmu Politik Jakarta

 

Lanjutkan Membaca ↓