Sukses

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Dilirik Perusahaan

Menentukan diterima atau tidak di perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Untuk kamu yang baru saja lulus dari kampus atau fresh graduate tentu saja sedang gencar-gencarnya mencari pekerjaan serta memasukkan lamaran pekerjaan pada perusahaan-perusahaan yang kamu inginkan. Dan kamu yang sedang mencari pekerjaan paruh waktu sering kali melupakan surat lamaran dan lebih mengutamakan curriculum vitae (CV). 

Selain harus menyiapkan segala persyarataan yang ada, kamu juga harus mengerti bagaimana membuat surat lamaran yang baik dan benar agar lamaran yang kamu masukan dilirik oleh perusahaan.

Saat ini pun banyak contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar di internet. Kamu bisa membuat surat lamaran kerja menggunakan tulisan tangan, atau bisa juga dibuat dengan aplikasi yang mendukung.

Karena mencari sebuah pekerjaaan pada era ini sangat susah, tentu banyak orang yang berlomba-lomba untuk masuk dalam perusahaan dengan berbagai cara. Kamu bisa melaui job fair yang diadakan ataupu melalui aplikasi penyedia jasa lowongan pekerjaan yang sedang marak saat ini.

Namun tetap saja, kamu harus menyiapkan surat lamaran kerja untuk menyertai arsip-arsip dan dokumen pendukung. Berbagai contoh surat lamaran kerja yang tersedia bisa kamu aplikasikan, saat membuat surat lamaran kerja.

Dan membuat surat lamaran tentunya harus yang baik dan benar, agar meyakinkan perusahaan yang kamu tuju.

Dan seperti surat pada umumnya, surat lamaran kerja pun memiliki beberapa bagian di dalamnya, yaitu pembuka, isi, dan penutup surat. Membuat surat lamaran kerja bisa kamu lakukan dengan tulis tangan ataupun kamu ketik. Dan berikut bagian-bagian surat serta contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu tiru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Struktur Surat Lamaran

1. Bagian pembuka surat lamaran

Bagian surat lamaran kerja tentunya akan berisi apa tujuan surat itu dibuat dan kepada siapa. Pada bagian ini pula harus tencantum tanggal pembuatan surat lamaran. Dan berikut contoh surat lamaran kerja untuk pembuka surat. 

Yogyakarta, 18 Januari 2019

 

Kepada Yth.

Pimpinan Café dan Restauran Indonesia

Jl. Wahid Hasyim 70 A Yogyakarta.

 

Perihal: Lamaran Pekerjaan Paruh Waktu 

 

2. Isi surat lamaran 

Dalam membuat isi surat lamaran, kamu harus memperhatikan slam pembuka, penjelasan darimana kamu mendapatkan info lowongan tersebut, posisi yang ingin kamu duduki di perusahaan, data diri, serta lampiran-lampiran yang kamu ikut sertakan dalam surat tersebut.

Dan jika kamu menulis surat lamaran menggunakan Ms.Word, ataupun tulisan tangan, sebaiknya beri tanda pada kata-kata yang diangpa penting, yaitu posisi yang kamu inginkan.

Mencantumkan nomor telpon juga penting dilakukan. Tentu saja kamu harus mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi, sehingga nantinya akan memudahkanmu jika kamu lolos pada tahap lanjutan. Dan berikut ini contoh surat lamaran kerja pada bagian isi.

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya peroleh di website Café dan Restauran Indoensia bahwasannya di Café dan Restauran Indonesia terdapat lowongan mengenai pekerja paruh waktu. Untuk itu saya bermaksud mengajukan lamaran kerja di Café dan Restauran yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi sebagai Waiters. Maka saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama :M. Taufik

Tempat/tgl.lahir :Yogyakarta, 3 November 1999

Jenis Kelamin : Laki-laki

Agama :Islam

Pendidikan :SMA/IPA

Alamat :Jl. Kaliurang km.9, Sleman Yogyakarta

No.Telp :0812 3456 7890

Dan dengan bekal kepribadian saya yang ramah, supel, cekatan serta senang belajar, saya juga dapat bekerja keras, rajin, jujur dan mampu bekerja secara mandiri ataupun tim. Sehingga menjadikan saya berniat untuk bekerja paruh waktu di tempat yang Bapak/Ibu pimpin. 

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

1. Fotocopu Ijazah terakhir 2. Fotocopy Kartu Identitas (KTP)3. Dafar Riwayat Hidup4. Pas Photo 3x4Saya berharap Bapak/Ibu dapat memberi saya kesempatan untuk mengikuti wawancara, agar mendapat informasi yang lebih jelas mengenai diri saya

3. Bagian penutup surat lamaran

 

Pada bagian penutup surat tak lupa pula untuk menuliskan salam serta tanda tanganmu.

 

Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya

 

(M. Taufik)

 

Selain contoh surat lamaran kerja yang tertera diatas, kamu juga perlu menulis sesuai posisi yang kamu inginkan serta bakat dan kemampuan diri kamu yang mampu menunjang karir.

Dan jika kamu memilih untuk membuat surat lamaran kerja dengan  menulis tangan, kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Siapkan kertas putih atau folio yang bersih dan tidak terlipat untuk menulis lamaranmu.

2. Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal pembuatan surat dan isi serta penutup menggunakan bahasa yang baik sesuai dengan EYD.

3. Jangan lupa untuk menuliskan alamat perusahaan yang dituju dan kepada siapa surat tersebut ditujukan.

4. Jelaskan kemapuan serta skill yang kamu miliki untuk mendukung lamaran pekerjaan kamu.

5. Tulis dengan tulisan tangan yang rapi agar mudah untuk dibaca oleh penerima lamaran

 

Reporter: Novita Ayuningtyas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.