Sukses

Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja Beserta Tips Cara Menulisnya

Salah satu hal yang menentukan perusahaan menerimamu.

Liputan6.com, Jakarta Ketika melamar pekerjaan, komponen yang paling penting yang perlu kamu buat adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja merupakan poin penting yang menentukan apakah kamu diterima kerja pada tempat yang kamu lamar atau tidak.

Contoh membuat surat lamaran kerja tentu harus mempromosikan diri secara benar tanpa perlu mengada-ada yang tentu saja menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang akan menerima kerja. 

Dalam contoh membuat surat lamaran kerja kamu tentu harus menulis surat lamaran kerja dengan baik agar kemungkinan diterima di perusahaan yang inginkan semakin besar. Hal ini dikarenakan begitu banyak orang yang memerlukan pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia tidak memadai.

Sehingga untuk memasuki perusahaan yang inginkan bisa saja menjadi susah karena persaingan yang ketat. Berikut contoh membuat surat lamaran kerja yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (22/1/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips tips membuat surat lamaran kerja

1. Contoh membuat surat lamaran kerja yang harus diperhatikan. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan tersebut. Hal ini dibutuhkan agar isi surat lowongan pekerjaan kamu tidak keluar dari konteks.

2. Tulislah surat lamaran kerja dengan kata yang merupakan bahasa baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.

3. Gunakanlah kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.

4. Tujuan surat harus jelas. nama yang dituju harus kamu pastikan benar ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan alamat perusahaan.

5. Setelah kamu selesai menulis surat lamaran kerja. Baca sekali lagi, pastikan tidak ada salah ketik. Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.

6. Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik, pastikan kertas yang kamu pakai bersih. Tidak ada kotoran, bekas terlipat, bekas dihapus, bekas tip-ex, atau kotoran apapun itu.

7. Jika kamu menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, pastikan tulisan kamu dapat terbaca. Hindari menggunakan tulisan tegak bersambung. Alasi tangan menggunakan tisu ketika menulis agar kertas tidak kotor maupun tiba-tiba terlipat.

3 dari 4 halaman

Isi surat lamaran kerja, cara menulis :

Umumnya contoh membuat surat lamaran kerja untuk diajukan kemanapun sama saja isinya. Baik cara membuat surat lamaran kerja online, cara membuat surat lamaran kerja di bank, maupun cara membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan

1. Tempat dan tanggal penulisan surat.

2. Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.

3. Salam hormat

4. Kata pengantar / pembukaanDalam kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja wajib kamu cantumkan di mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang kamu tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman kamu.

5. Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang kamu pilih jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.

6. Biodata pribadiTuliskan nama lengkap kamu, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, e-Mail, Pendidikan (tidak wajib). Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.

7. Pengalaman kerja dan kemampuan AndaJika sebelumnya kamu pernah bekerja, tulisan pekerjaan sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kemampuan kamu yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.

8. PenutupDalam penutup ini tulislah untuk pembaca bahwa kamu mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.

9. Lampiran surat lamaran kerjaAgar perusahaan yang kamu tuju semakin yakin untuk menerima kamu, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai kamu. Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah :

• Pas foto (foto terbaru)

• Fotokopi KTP

• Daftar riwayat hidup

• Fotokopi ijazah terakhir

• Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)

10. Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)

4 dari 4 halaman

Contoh surat lamaran pekerjaan

Yogyakarta, 16 Desember 2016

 

Kepada Yth

HRD Manager PT. Rocket Manajemen Group

Jl. Marsda Adisucipto No. 8 Yogyakarta

Perihal: Lamaran Kerja

 

Dengan Hormat,

 

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari surat kabar Kedaulatan Rakyat tertanggal 15 Desember 2016, PT. Rocket Manajemen membuka beberapa lowongan pekerjaan. Dengan surat Lamaran ini, saya ingin bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu pimpinan. Adapun pekerjaan yang saya maksud adalah bagian Marketing di PT. Rocket Manajemen Group. Berikut adalah data singkat saya :

Nama: Nurul Saputra

Tempat/tgl lahir: Sleman, 11 maret 1995

Jenis kelamin: Laki laki

Pendidikkan terakhir: S1 Akuntansi

Alamat: Jl. Mangkubuni  No. 2 Sleman Jogjakarta

Telepon /HP: 085879670142

Saat ini saya dalam keadaaan sehat jasmani maupun rohani. Selain itu kemampuan Bahasa Inggris saya cukup Fasih. Saya juga mengutamakan kejujuran dan kerja keras.

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu  pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

1. Foto ukuran 3 x 4

2. Foto copy KTP

3. Daftar Riwayat Hidup

4. Foto copy Ijasah terakhir

5. Foto copy SKCK

6. Foto copy surat pengalaman kerja

Saya berharap menjadi bagian dari perusahaan Bapak/Ibu agar dapat menjelaskan lebih detil lagi mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna bagi perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya, dan atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih banyak.

Hormat saya

 

Nurul Saputra

 

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini