Sukses

Jangan Keliru, Ini Beda SNMPTN dan SBMPTN 2019

Penting adanya untuk mengetahui perbedaan SNMPTN dan SBMPTN.

Liputan6.com, Jakarta - Penting adanya untuk mengetahui perbedaan SNMPTN dan SBMPTN. Hal ini dikarenakan, meski tampak serupa, keduanya merupakan ujian penentu bagi lulusan sekolah menengah atas untuk dapat masuk ke perguruan tinggi impian. Lalu, apa beda keduanya?

SNMPTN alias Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dilakukan untuk mendapatkan mahasiswa yang berkualitas secara akademik menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya yang relevan dengan program studi yang dipilih pada Perguruan Tinggi (PTN). Selain pertimbangan nilai rapor dan prestasi siswa, juga dipertimbangkan  rekam jejak kinerja sekolah. Kriteria seleksi nasional dan kriterianya disesuaikan dengan PTN yang hendak dimasuki oleh calon-calon mahasiswa.

Cara Mendaftar SNMPTN

Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh LTMPT, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2019 http://web.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.

Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id.

  1. Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
  2. Seleksi nantinya dilakukan dengan tahapan sebagai berikut :
  3. Siswa pendaftar diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  4. Siswa pendaftar yang memilih program studi di dua PTN, jika tidak lulus di PTN pilihan pertama, siswa pendaftar akan diikutkan seleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan ketersediaan daya tampung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

SBMPTN

Di sisi lain, SBMPTN alias Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi adalah sebuah penyeleksian mahasiswa baru dengan prinsip efisien, murah, dan fleksibel di mana calon mahasiswa baru dapat mengikuti seleksi dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

SBMPTN 2019 dapat diikuti oleh siswa lulusan dari tahun 2017 hingga 2019 dari pendidikan menengah seperti SMA/SMK/MA dan sederajat. Lulusan paket C juga dapat mengikuti SBMPTN 2019 dengan range tahun yang sama.

Berikut Tahapan Pendaftarannya:

  1. Mengisi Biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).
  2. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN
  3. Mengunggah  portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id
  4. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019

Untuk diketahui, bagi mahasiswa yang telah diterima pada seleksi SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan unuk mendaftar lagi pada SBMPTN 2019.

 

Reporter

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.