Mengeluh Sakit Kepala, Ternyata Lintah Hidup di Tenggorokan Wanita Ini

Oleh Yulia Lisnawati pada 16 Jan 2019, 18:03 WIB
Ilustrasi lintah (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa sadar kadang peristiwa yang tak diharapkan bisa terjadi. Seorang wanita dari provinsi Ha Giang, Vietnam, baru-baru ini mengalami peristiwa mengerikan karena lintah masuk ke dalam bagian tubuhnya.

Melansir Odditycentral, Rabu (16/1/2019), awalnya wanita berumur 63 tahun itu hanya mengeluhkan tentang sakit kepala parah, hidung tersumbat dan cairan lendir yang terus menerus mengalir ke tenggorokannya selama berminggu-minggu. Kondisi tersebut yang membuatnya memutuskan untuk ke dokter spesialis THT (hidung dan tenggorokan).

Dia kemudian melakukan berbagai tes dan dokter menemukan massa yang tidak dikenal di tenggorokannya. Dia kemudian dijadwalakan menjalani operasi laparoskopi untuk mendapatkan massa--yang diyakini sebagai tumor. Namun, dokter terkejut karena menemukan lintah hiDup yang melekat pada tenggorokan wanita itu.

Dalam video yang direkam oleh Dr. Nguyen Thanh Nam, wakil direktur di sebuah rumah sakit di Ha Giang menunjukkan lintah enam inci menggeliat di atas nampan medis setelah dikeluarkan dari tenggorokan wanita itu.

Sayangnya, dokter tidak tahu persis mengapa lintah itu bisa sampai di sana. Tapi dokter mencurigai bahwa wanita yang tak disebutkan namanya itu secara tidak sengaja menelannya saat mandi atau minum air.

 

 

2 of 2

Lintah Telah Hidup di Tenggorokan Selama 3 Bulan

Mengeluh Sakit Kepala, Ternyata Ada Lintah Hidup di Tenggorokan Wanita Ini
(Foto: odditycentral.com)

Dengan menilai lamanya gejala yang dijelaskan pasien, Dr Thanh Nam memperkirakan bahwa parasit penghisap darah itu pasti telah hidup di tenggorokan wanita itu setidaknya selama tiga bulan.

Dokter mengatakan bahwa kasus seperti itu sangat jarang dan sulit untuk didiagnosis dengan benar. Jika tidak diangkat, lintah bisa menaikkan sinus wanita itu dan menyebabkan sakit kepala dan sakit wajah yang menyiksa, atau bisa bergerak ke arah laring yang menyebabkan masalah pernapasan hingga mengancam jiwa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by