Macam-macam Batu Akik dan Namanya yang Mulai Meredup Eksistensinya

Oleh Liputan6.com pada 15 Jan 2019, 19:07 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 17:30 WIB
Batu Bacan Doko berwarna hijau cingcau

Liputan6.com, Jakarta Pada tahun 2015, popularitas batu akik sedang dalam masa kejayaannya. Di Indonesia batu akik sangat laris pada masa itu, banyak orang berbondong-bondong menjajaki bisnis batu akik karena peminatnya sangat tinggi dan hasilnya cukup menguntungkan. 

Namun tak lama kemudian, bahkan hingga saat ini, pamor batu akik nampaknya mulai merdedup. Tak banyak lagi orang yang masih berbisnis batu akik. Hasil yang didapatpun semakin merosot seiring redupnya popularitas batu akik di Indonesia.

Di Indonesia terdapat macam-macam batu akik yang digemari kolektor. Saat masih eksis harganya dapat mencapai jutaan rupiah. Macam-macam batu akik tersebut dapat ditemukan di seluruh penjuru daerah Indonesia. Ada beberapa macam-macam batu akik yang merupakan batu khas dari daerah tertentu. Macam-macam batu akik ini memiliki keunikan dan mitos tersendiri.

Berikut macam-macam batu akik dan namanya yang pernah eksis di Indonesia. Macam-macam batu akik ini dibanderol dengan harga yang beragam sesuai dengan jenis dan keunikannya.

Simak macam-macam batu akik yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber Selasa (15/1/2019). Mungkin bisa mengingatkan kembali masa kejayaan batu akik di Indonesia.

2 dari 8 halaman

1. Batu Bacan

Bacan merupakan batu paling banyak diminati saat sedang booming di pasaan. Batu bacan sering disebut juga dengan istilah batu gioknya Indonesia.

Batu Bacan berasal dari daerah Maluku Utara. Nama bacan diambil dari nama pulau tempat di mana batu tersebut diperjualbelikan yaitu pulau Bacan yang terletak di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Sejarah batu bacan merupakan batu perhiasan penting pada masa kesultanan Bacan, Jailolo, Tidore dan Ternate. Batu bacan yang sering ditemui di pasaran adalah jenis batu bacan Doko Palamea. Batu bacan doko biasanya berwarna hijau sedangkan palamea berwarna hijau muda kebiruan. Batu akik bacan juga sering disebut juga dengan batu giok nya Indonesia.

Batu ini melonjak pamornya ketika mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan batu ini kepada Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

3 dari 8 halaman

2. Batu Bio Solar

Batu akik bio solar banyak ditemukan di Aceh. Popularitas batu ini naik ketika ditemukan batu jenis ini sebesar 2 ton di Aceh. Dinamakan bio solar karena warna dari batu ini mirip minyak solar. Solar Aceh termasuk jenis Giok dengan berbagai kualitas dan warna, jenis super solar Aceh nggak kalah dengan batu kristal yang sudah terkenal terdahulu. Batu ini dipercaya memiliki kekuatan memikat lawan jenis dan menarik rezeki.

4 dari 8 halaman

3. Batu Kalimaya atau Black Opal

Di Indonesia batu jenis ini dapat ditemui di daerah Banten. Batu Black Opal ini di Indonesia banyak terdapat di daerah Banten, tepatnya di wilayah kecamatan Cimarga, Sajira dan Maja. Batu ini juga dapat ditemui di sekitar Kalimantan.

Konon katanya, batu jenis ini menyimpan kekuatan alam yang berdampak positif bagi pemakainya. Struktur dari batu opal kalimaya mampu memancarkan dan menyebarkan cahaya dengan berbagai warna sesuai tempat dimana batu akik tersebut berasal.

5 dari 8 halaman

4. Batu Badar Besi

Batu ini memiliki keunikan karena bisa bereaksi dengan magnet. Batu badar besi merupakan jenis batuan alam asli yang terbentuk dari unsur besi atau Fe2 O3 sehingga batu ini akan menempel jika didekatkan magnet.

Batu ini berwarna abu-abu gelap hingga kehitaman, abu-abu silver, beberapa ada yang coklat, coklat kemerahan hingga merah.

6 dari 8 halaman

5. Batu Akik Ruby Merah Delima.

Batu ini berwarna merah muda hingga merah darah. Disebut juga dengan ruby. Kandungan dalam ruby adalah mineral korundum dan yang memberikan warna merah adalah kromium. Di Indonesia batu ini biasa disebut batu Merah Delima.

Batu ini dinilai sangat langka keberadaannya dan membuat harganya menjadi sangat mahal. Konon batu ini memiliki mitos ghaib yang hanya bisa diperoleh melalui pertapaan. Saat ini batu ruby merah delima yang asli hanya ada beberapa saja yang punya dan termasuk jenis pusaka.

7 dari 8 halaman

6. Batu Akik Kecubung.

Batu akik kecubung dikenal sebagai akik yang memiliki komposisi serat yang indah. Motif batu akik ini tergolong unik ini sangat cocok dikenakan oleh kalangan muda maupun tua. Batu ini dinilia dapat memberi kesan berwibawa kepada orang yang mengenakannya.

Jenis batu kecubung termasuk dalam batu asli dari Kalimantan. Beberapa jenis batu kecubung banyak dikenal antara lain adalah batu kecubung wulung kalimantan, kecubung teh, kecubung tanduk, kecubung air, dan kecubung es.

8 dari 8 halaman

7. Batu Akik Sulaiman

Ada mitos di mana batu jenis ini adalah batu yang pernah digunakan oleh Nabi Sulaiman. Sehingga namanya disebut Batu Akik Sulaiman. Jenis batu Sulaiman ini memiliki beberapa jenis yang umumnya berwarna merah, kuning, atau juga gabungan antara kedua warna tersebut.

Hampir seluruh daerah di Indonesia dapat ditemukan batu akik sulaiman. Batu Akik Sulaiman juga sudah menjadi target para kolektor, seperti jenis madu, Daud, Wulung, Combong, Kuning, Emas, Hijau, Biru, Hitam, Pancawarna, Susu, Derajat, Kurung.

Reporter: Anugerah Ayu Sendari

Lanjutkan Membaca ↓