Sukses

Capai 100 Tahun, 5 Tempat di Dunia yang Penduduknya Berumur Panjang

Berikut deretan tempat di dunia dengan mayoritas penduduknya berumur panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang tentu ingin memiliki umur panjang. Nyatanya ada banyak orang di dunia yang memiliki umur panjang bahkan hingga mencapai 100 tahun. Nah, tahukah kalian bahwa di dunia ini ada beberapa tempat dengan angka harapan hidup penduduknya yang begitu tinggi?

Deretan tempat tersebut dikenal sebagai "blue zone" yang mayoritas penduduknya bisa hidup hingga lebih dari 100 tahun. Meski memiliki budaya yang sangat berbeda, rupanya deretan tempat tersebut memiliki kesamaan soal gaya hidup. Dikutip dari DMarge, berikut tempat di dunia dengan mayoritas penduduknya berumur panjang.

1. Okinawa

Okinawa merupakan suatu daerah di Jepang yang dijuluki sebagai 'tanah manusia abadi'. Di Okinawa terdapat sekiranya 400 penduduk dengan usia lebih dari 1 abad. Nyatanya menurut penelitian ada dua faktor yang menjadi penyebabnya. Pertama, makanan lokal yang penuh gizi dan kedua adalah kerukunan di antara penduduknya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Sardinia

Pulau Sardinia merupakan salah satu tempat dengan persentase penduduk berusia hingga 100 tahun atau lebih tertinggi di dunia. Selain faktor genetis, penduduk pulau yang terletak di Laut Mediterania ini memiliki sejumlah tradisi yang membuat mereka bisa berusia panjang.

3. Nicoya

Penduduk di kota Nicoya di semenanjung Provinsi Guanacaste, Costa Rica, memiliki prinsip "plan de vida". Menurut Blue Zone, plan de vida diartikan sebagai "alasan untuk hidup". Prinsip ini mendorong para penduduk lanjut usia untuk memiliki pandangan hidup yang positif. Pandangan ini membuat mereka memiliki fokus yang kuat untuk selalu bersama dengan keluarga dan tetangga. Mereka juga minum air berkalsium tinggi dan melakukan aktivitas yang relatif bebas stres.

4. Loma Linda

Selanjutnya ada Loma Linda, kota kecil di San Bernardino County, California. Penduduk di kota ini tak terlalu tergila-gila dengan kehidupan dunia. Mereka lebih fokus pada keluarga dan Tuhan. Mereka juga kerap menjaga pola makan, dan menjalin pertemanan yang kuat di antara mereka. Penduduk Loma Linda adalah vegetarian. Hal ini membuat mereka memiliki hidup yang lebih panjang dibandingkan dengan orang di kota-kota besar.

5. Ikaria

Menurut laporan, sepertiga warga Ikaria, pulau di laut Aegelan, Yunani, memiliki harapan hidup hingga lebih dari 90 tahun. Penduduk di pulau ini juga menjalani tiga prinsip hidup yang menjadi faktor utama dalam memperpanjang umur. Tiga prinsip tersebut ialah diet sehat, gaya hidup yang aktif dan ikatan keluarga yang kuat.

Reporter :

Cynthia Amanda Male

Sumber: Dream.co.id

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.