Hari Lingkungan Hidup Nasional, Tanamkan 4 Hal Ini Pada Dirimu

Oleh Sulung Lahitani Mardinata pada 10 Jan 2019, 07:31 WIB
Hutan pohon redwood

Liputan6.com, Jakarta - Tahukan kamu? Tanggal 10 Januari diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Indonesia. Sudahkah kamu mencintai lingkungan dan turut menjaganya? Berbagai kebijakan dilakukan oleh pemerintah terkait demi lingkungan yang lebih baik. Komitmen untuk menyelesaikan masalah lingkungan telah ditunjukan juga oleh berbagai kalangan.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk ikut serta dalam menjaga lingkungan. Dirangkum dari berbagai sumber berikut cara sederhana untuk menjaga lingkungan.

1. Menghemat penggunaan air

Kebiasaan yang sering kamu lakukan sehari-hari adalah mandi, biasanya kamu mandi berapa lama. Semakin lama berada di kamar mandi , maka semakin banyak air yang kamu gunakan.

Menurut The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) akan terjadi kekurangan air bersih dalam skala global pada tahun 2030. Dengan menghemat air, Kamu tentu dapat membantu mencegah terjadinya hal tersebut.

 

2. Kurangi konsumsi air kemasan

Kamu memiliki mobilitas yang tinggi dalam keseharian, tentu tidak bisa lepas dari konsumsi air kemasan. Air merupakan mineral atau cairan yang diperlukan oleh tubuh.

Namun bagaimana jadinya jika tubuh kamu sehat namun lingkungan menjadi tidak sehat karena sampah yang dihasilkan. Tidak ada salahnya kamu membawa botol  atau kemasan yang bisa digunakan untuk beberapa kali pemakaian.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Detik-Detik Pria Bersenjata Serang Hotel di Kenya

Tutup Video
2 of 2

3. Manfaatkan lahan kosong untuk menghijauan

Menkominfo Ajak Menteri TIK ASEAN Tanam Pohon di Ubud
Menkominfo Rudiantara ajak Menteri TIK ASEAN tanam pohon di Ubud. Dok: Kemkominfo

Jika kamu memiliki lahan kosong di rumah, manfaatkan lahan tersebut untuk ditanami tumbuhan. Jika kamu tinggal di kota urban, yang jarang memiliki lahan kosong. Kamu bisa memanfaatkan pot atau media lainnya untuk menanam.

Selain mencegah efek rumah kaca, manfaat yang dapat kamu rasakan adalah udara bersih yang dihasilkan dari tumbuhan tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan buah atau hasil dari tanaman yang kamu rawat tersebut.

4. Biasakan buang sampah pada tempatnya

Sampah menjadi permasalahan terbesar di Indonesia, sekian ton kubik sampah dihasilkan dari berbagai aktivitas atau kegiatan di masyarakat. Kebiasaan membuang sampah sembarangan juga menjadi sebuah pemandangan yang sudah tidak asing lagi.

Kamu termasuk salah satunya? Hati-hati kebiasaan buruk tersebut berdampak tidak baik bagi lingkungan. Biasakan membuang sampah ditempatnya, hal kecil tersebut bisa kamu mulai dari sekarang.

Reporter:

Nihlah Fauziyatul Wafa

Lanjutkan Membaca ↓