Studi: Teh Mampu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Oleh Liputan6.com pada 09 Jan 2019, 13:30 WIB
Diperbarui 10 Jan 2019, 20:14 WIB
Ilustrasi teh

Liputan6.com, Jakarta - Teh memang menjadi salah satu minuman yang disukai banyak orang. Tak heran jika kini muncul beragam varian teh yang banyak dijual di pasaran. Selain mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan, minum teh kini sudah menjadi tren dari beragam kalangan.

Melansir dari Indiatimes, sebuah penelitian terbaru di Universitas Perking mengemukakan bahwa kandungan kafein di dalam teh bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak. Nutrisi yang terkandung di dalam teh juga bermanfaat mengubah suasana hati yang gundah, sedih dan kacau menjadi lebih baik, tenang dan bahagia.

Para peneliti yang melakukan penelitian terhadap beberapa orang usia antara 23 sampai 50 tahun menemukan bahwa mereka yang konsumsi secangkir teh sebelum memulai hari-harinya di pagi hari, mereka akan memiliki daya ingat cukup baik, kecerdasan otak lebih baik dan daya kreativitas yang lebih tinggi. Selain itu, mereka juga memiliki suasana hati yang lebih bahagia.

Sementara itu, seorang dokter keluarga di Clearwater, Florida, dr. Deepa Verma menyebutkan bahwa peminum teh bisa memiliki tingkat kecerdasan lebih baik dari mereka yang sama sekali tidak konsumsi teh. Zat antioksidan dan vitamin yang terkandung di dalam teh sangat baik buat kesehatan otak. Nutrisi tersebut bahkan sangat baik untuk kesehatan jantung dan mencegah risiko kanker.

2 of 2

Jangan Dikonsumsi Secara Berlebihan

kantung teh
Ilustrasi kantung teh (iStockphoto)

Meski memiliki manfaat seperti untuk kecerdasan otakmu, tapi jangan mengkonsumsi teh secara berlebihan, apalagi jika menggunakan pemanis seperti gula karena tidak baik untuk kesehatanmu. 

 

Nah, untuk mendapatkan kesehatan maksimal dari konsumsi teh, pastikan untuk mengkonsumsinya dalam porsi yang tepat. Jangan lupa juga, menjaga pola hidupmu dan cobalah olahraga secara rutin ya.

Reporter:

Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

Lanjutkan Membaca ↓