Sukses

Ingin Hidup Tenang, Jangan Abaikan 3 Tugas Keuangan Anda Ini

Mengatur keuangan adalah salah satu tugas yang penuh dengan pertimbangan di dalamnya, seperti apa yang perlu disimpan, diinvestasikan, namun tetap memiliki keadaan yang seimbang.

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan memiliki banyak aspek yang perlu diperhatikan baik penampilan, fisik, pekerjaan, keluarga hingga hal-hal mengenai keuangan. Keuangan adalah salah satu hal yang penting untuk dikelola dengan baik.

Keuangan adalah suatu hal yang sensitif, di mana banyak orang yang kurang baik dalam mengatur keuangan. Biasanya seseorang lebih terfokus untuk pada daftar apa saja yang telah dilakukannya menyangkut keuangan.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan atau dilakukan mengenai hal-hal keuangan dalam kehidupan kita. Berdasarkan Strartribune.com, berikut tiga tugas keuangan yang perlu kamu sadari:

1. Pajak

Perhatikan setiap pajak yang perlu kamu bayar, mungkin akan ada perubahan aturan perpajakan. Meskipun jarang diperhatikan, pajak adalah suatu hal yang penting. Akan merepotkan atau menambah pengeluaran jika kamu telat atau tidak membayar pajak dengan benar.

2. Sadari beban medis Anda ke depannya

Menjadwalkan pengecekan kesehatan pada awal tahun atau lebih dini, dapat membantu kamu dalam memastikan dan mengatur keuangan Anda. Selain itu penggunaan biaya medis ada di tempat kerja lebih awal, dapat menguntungkan Anda yang mungkin akan berhenti bekerja nantinya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Atur atau sesuaikan tabungan Anda

Buatlah tabungan untuk tujuan tertentu seperti liburan, pajak properti, asuransi, biaya perbaikan kendaraan dan sebagainya. Dengan pengaturan tabungan ini, Anda dapat menyisihkan tabungan Anda untuk beberapa keperluan, sehingga jika ada sesuatu yang terjadi mendadak Anda tidak terlalu khawatir karena kalian memiliki tabungan untuk itu.

Hal yang perlu diperhatikan dalam keuangan adalah bukan hanya apa yang Anda habiskan saat ini atau pengeluaran yang telah berlalu, melainkan apa yang belum Anda keluarkan atau hal-hal terduga ke depannya menjadi penting untuk diperhatikan.

 

Reporter :

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.