Sukses

Hindari Anak Kecanduan Gawai dengan 10 Langkah Ini

Di era yang makin maju, berbanding lurus dengan peningkatan penggunaan teknologi. Tak hanya pada orang dewasa, namun juga dengan penggunaan teknologi dari kalangan anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi seperti gadget adalah bagian dari hidup kita yang sulit untuk dilepaskan. Banyak orang-orang yang bergantung dan tidak bisa lepas dari smartphone mereka. Teknologi di berbagai bidang dapat membantu atau mempermudah kehidupan manusia.

Anak-anak kecil juga tidak luput menjadi pengguna teknologi seperti gadget, namun anak-anak harus diberi batasan-batasan agar teknologi dapat memberikan dampak positif bagi anak. Tidak ada yang lebih peduli dengan anakmu selain kamu sebagai orang tuanya.

Dilansir dari Nytimes.com, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk anak dengan teknologi:

1. Bertujuan untuk keseimbangan

Para orang tua mungkin mengkhawatirkan bagaimana ketidak terkendalinya sebuah tekhnologi, namun teknologi tidak dapat dihindarkan lagi. Apa yang harus dilakukan adalah memiliki hubungan baik dan seimbang dengan teknologi yang ada.

2. Menjadi role model

Apa yang dilakukan oleh orang tua itulah yang akan dilakukan sang anak. Kita perlu mengecek ponsel kita untuk mengerjakan pekerjaan dan lain sebagainya. Tahukah Anda bahwa teknologi menggangu interaksi kita dengan anak-anak.

3. Buat ikatan saat waktu menggunakann teknologi tiba

Kamu dapat memanfaatkan teknologi dengan membuat hubungan lebih erat dengan bermain bersama, memperhatikannya, atau mencari video yang dapat ditonton bersama.

4. Pilih games dan aplikasinya

Perhatikan kategori umur pada aplikasi atau games yang akan di-instal pada ponsel. Ini akan amat membantu Anda agar anak terhindar dari menggunakan aplikasi atau memainkan games yang tak sesuai usianya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Atur waktu bebas menggunakan teknologi

Buatlah sebuah aturan yang mengatur pembatasan waktu atau penggunaan ponsel yang kamu berikan pada anak-anak. Pastikan semua melakukan peraturan yang Anda buat, dan pastikan juga semuanya memiliki waktu istirahat menggunakan teknologi, serta memiliki waktu untuk keluarga.

6. Atur akun anak anda

Seorang anak biasanya menggunakan teknologi untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau tugas-tugas, usahakan kalian mengontrol limit penggunaan aplikasi dan web.

7. Perhatikan cyberbullying

Bullying adalah salah satu isu yang memiliki potensi untuk dilakukan oleh anak-anak. Maka hindari atau awasi kegiatan anak, terutama yang mengarah pada perbuatan cyberbullying.

8. Ponsel mereka sendiri?

Mungkin saat ini, wajar jika seorang anak telah memiliki ponsel mereka sendiri. Kalian harus mengecek bagaimana tingkat kedewasaan mereka untuk dapat menggunakan atau memiliki ponsel sendiri.

9. Praktik terbaik

Cara terbaik untuk mendidik seorang anak adalah dengan mengajarkannya mengenai sosial media dan cara berfikir kritis.

10. Hindari kecanduan teknologi

Addicted atau kecanduan adalah suatu hal yang harus kita hindari, termasuk kecanduan dengan teknologi. Penting untuk menyadari ketika mereka menghabiskan banyak waktu mereka dengan teknologi. Awasi aktifitas mereka termasuk saat bermain sesuatu secara offline hingga mereka terlalu menikmatinya.

Pemakaian atau pemanfaatan teknologi adalah sebuah yang baik untuk dilakukan, namun perlu pengawasan terutama pada anak-anak. Anak-anak dapat menggunakan ponsel dengan pengawasan dan bimbingan dari orang-orang terdekat, terutama orang tuanya.

 

Reporter :

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.