5 Keutamaan Hari Jumat Ini Wajib Kamu Ketahui

Oleh Liputan6dotcom pada 07 Jan 2019, 07:34 WIB
Ilustrasi salat

Liputan6.com, Jakarta - Hari jumat merupakan salah satu hari yang banyak keutamaan dibaliknya. Rasulullah SAW juga sangat memuliakan hari jumat, sudah banyak hadis juga yang menjelaskan terkait hal tersebut.

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah bersabda, “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (H.R Muslim)

Umat muslim mungkin sudah tidak asing lagi dengan kegiatan sunnah yang dilakukan saat hari jumat yakni membaca surat Al Kahfi sebanyak 10 ayat, memperbanyak dzikir, membaca salawat dan lain-lain.

Namun ada beberapa keutaman hari Jumat yang harus juga kamu ketahui, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sedekah

Dikehidupan kita tidak melulu diajarkan untuk menerima, tetapi kita juga harus seimbangkan dengan memberi. Hari jumat juga diutamakan untuk lebih banyak melakukan sedekah dibandingkan dengan hari lainnya. Ibnu Qayyim mengatakan, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”. Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya”. (Mauquf Shahih).

2. Hari penghapusan dosa

Hari jumat juga menjadi hari penghapusan dosa tidak hanya untuk kaum muslimin namun juga kaum muslimah. Salman Al Farisi  berkata, “Rasulullah bersabda: “Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at”. (HR. Bukhari).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 of 2

3. Hari terhindar dari siksa kubur

[Bintang] Tanda-tanda kamu anak yang soleh dan soleha
Ilustrasi salat | Via: mychaya.com

Sudah disebutkan dalam sebuah hadist jika ada seseorang yang meninggal di malam Jumat atau hari jumat, maka orang tersebut juga akan terhindar dari fitnah siksa kubur. “Barangsiapa yang meninggal dunia di malam Jumat atau hari Jumat terjaga dari fitnah siksa kubur”. (HR. Imam At Tirmidzi dari Abdullah bin Amr bin Ash).

4. Perbanyak salawat

Shalawat ini dibacakan pada hari kamis petang saat matahari terbenam sampai hari jumat petang di saat matahari terbenam.

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro; hasan lighairihi)

5. Hari Allah SWT menampakkan diri

Hari jumat juga menjadi hari dimana Allah menampakkan diri pada hamba-Nya yang beriman di surga. Sahabat Anas bin Malik dalam berpendapat dalam ayat, “Dan Kami memiliki pertambahannya” (QS.50:35) mengatakan: “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari Jum’at”.

 Penulis:

Nihlah Fauziyatul Wafa

Lanjutkan Membaca ↓