Libur Telah Usai, Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Anak Masuk Sekolah

Oleh Liputan6dotcom pada 06 Jan 2019, 13:04 WIB
Hari Pertama Masuk Sekolah

Liputan6.com, Jakarta - Liburan sekolah telah usai, siapkah anak-anak untuk kembali bersekolah? Para orang tua tentunya sering membantu mempersiapkan peralatan anaknya ketika akan pergi ke sekolah.

Memasuki semester genap, para orang tua mungkin sedikit kebingungan hal apa saja yang perlu dipersiapkan apalagi jika anak baru duduk di bangku pendidikan. Beberapa sekolah mungkin sudah ada yang memulai kegiatan belajar mengajar, tapi jika belum yuk persiapkan semuanya.

Berikut 5 hal yang perlu disiapkan saat hari pertama masuk sekolah, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Persiapkan alat tulis

Setelah libur, terkadang kita lupa di mana alat tulis diletakkan atau apakah alat tulis ada yang kurang atau tidak. Sebelum masuk sekolah, perlu sekali untuk mengeceknya. Tentunya kita tidak ingin jika hari pertama sekolah lupa membawa alat tulis dan anak Anda terpaksa meminjam kepada teman.

2. Cuci dan setrika seragam

Seragam merupakan hal terpenting saat berada di sekolah karena itu merupakan suatu identitas siswa/siswi itu sendiri. Pastikan seragam yang akan dipakai sudah bersih dan tidak kusut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 of 2

3. Cuci sepatu dan siapkan tas

Hari Pertama Masuk Sekolah
Seorang guru mengarahkan murid baru di hari pertama masuk sekolah di sekolah SDN 03, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (16/7). Hari ini merupakan hari pertama masuk sekolah untuk tahun ajaran 2018-2019. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Tidak hanya poin-poin di atas saja yang dipersiapkan, kedua komponen ini juga sangat penting ketika akan masuk sekolah. Cek kembali sepatu, sudah dicuci atau belum.

4. Cek mata pelajaran sekolah

Coba cari tahu, apakah guru atau pihak sekolah sudah memberikan jadwal atau belum. Bisa ditanyakan juga kepada guru atau teman sekolah agar saat pertama masuk, tidak tertinggal informasi atau arahan yang sudah diberikan.

5. Jaga kesehatan

Selain barang-barang atau peralatan yang harus dipersiapkan saat akan menempuh pendidikan. Menjaga kesehatan jasmani dan rohani juga penting, agar kegiatan belajar menjadi maksimal dan bisa mendapatkan ilmu lebih fokus. Tentunya tidak ingin jika yang lain sudah masuk sekolah sementara anak Anda hanya bisa berbaring di rumah dan ketinggalan pelajaran.

Penulis:

Nihlah Fauziyatul Wafa

Lanjutkan Membaca ↓