Sambut 2019, Begini Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru di Indonesia

Oleh Yulia Lisnawati pada 31 Des 2018, 13:00 WIB
Diperbarui 31 Des 2018, 13:00 WIB
FOTO: Sambut Tahun Baru, Kawasan Monas Dihiasi Kembang Api

Liputan6.com, Jakarta - Dalam menyambut tahun 2019, berbagai acara untuk memeriahkan pergantian tahun tentu banyak dilakukan masyarakat di penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Perayaan tahun baru biasanya menjadi peristiwa besar yang dirayakan setiap tahunnya di berbagai negara. Setiap negara tentu memiliki tradisi unik untuk menyambut pergantian tahun. Nah, berikut beberapa hal yang biasa dilakukan masyarakat Tanah Air ketika merayakan malam pergantian tahun.

1. Kembang Api

Setiap perayaan tahun baru, kembang api memang identik dengan momen pergantian tahun. Hal tersebut memang sudah menjadi tradisi masyarakat di dunia. Bahkan, setiap negara memiliki kembang api khas daerah mereka untuk memeriahkan tahun baru.

2. Begadang

Agar ikut memeriahkan pergantian tahun, kita memang diwajibkan untuk tetap terjaga di tengah malam. Biasanya, tradisi masyarakat Tanah Air untuk menunggu hingga larut yakni dengan membuat acara bakar ayam ataupun jagung.

3. Terompet

Tahun baru pasti identik dengan benda yang satu ini. Ya, terompet memang sangat berhubungan erat dengan perayaan malam tahun baru. Biasanya para peniup terompet juga tak mengenal batas usia, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Memasuki pertengahan bulan Desember, biasanya para pedagang terompet sudah meramaikan jalan-jalan di berbagai wilayah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 2 halaman

4. Konser

Kampung Terompet Pekanbaru
Foto: M Syukur/ Liputan6.com

Tahun baru juga dimeriahkan dengan berbagai konser yang berlangsung di beberapa tempat menarik untuk menghibur masyarakat hingga pergantian tahun tiba. Biasanya konser ini juga diramaikan oleh para musisi Tanah Air.

5. Konvoi

Di Indonesia, konvoi berbagai kendaraan telah menjadi tradisi setiap kali merayakan pergantian tahun. Namun, hal tersebut mungkin tak akan kita lihat di kota-kota besar, karena pada malam tahun baru biasanya kota-kota besar seperti Jakarta memberlakukan sistem car free night.

Nah, bagaimana dengan kamu. Apa yang biasa kamu lakukan untuk merayakan malam pergantian tahun?

Lanjutkan Membaca ↓