5 Tempat Wisata Murah di Jakarta, Cocok Dikunjungi Saat Liburan Akhir Tahun

Oleh Liputan6.com pada 27 Des 2018, 16:02 WIB
Diperbarui 29 Des 2018, 15:13 WIB
Traveling Liburan Jalan-Jalan

Liputan6.com, Jakarta - Liburan akhir tahun tinggal menghitung hari. Sudahkan kamu memilih destinasi wisata untuk menghabiskan waktu liburanmu?

Liburan menjadi kebutuhan bagi setiap individu, khususnya yang berada di ibu kota Jakarta, karena penat dengan pekerjaan dan permasalahan macet. Namun sayangnya, liburan bukan hanya soal bersenang-senang, tapi ada pula masalahnya seperti dana dan waktu.

Nah, bagi kamu yang memiliki budget terbatas untuk liburan, bisa coba kunjungi beberapa tempat wisata yang berada di Jakarta. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau Monas menjadi tempat yang didirikan untuk mengenang para pahlawan yang berjasa dalam mempertahankan, memperjuangkan, serta mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan Indonesia. 

Biasanya Monas menjadi salah satu tempat yang dipilih warga untuk berwisata murah meriah saat liburan akhir tahun tiba. Biaya masuk ke kawasan Monas pun sangat terjangkau, Rp 5 ribu untuk dewasa, Rp 3 ribu untuk mahasiswa dan Rp 2 ribu untuk anak-anak. Selain itu, kalian hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 10 ribu untuk sampai ke puncak monas.

2. Kebun Binatang Ragunan

Untuk kamu yang ingin liburan akhir tahun sambil beredukasi, kebun binatang Ragunan bisa menjadi pilihan. Tempatnya yang sejuk, indah, rindang, serta terhindar dari polusi udara dapat membuat pengunjung lebih nyaman untuk sekedar melepaskan penat sambil melihat hewan-hewan yang ada.

Selain tempatnya, kebun binatang Ragunan juga tekenal dengan tiket masuknya yang murah. Orang dewasa akan dikenakan biaya Rp 4 ribu, sementara anak-anak Rp 3 ribu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

2 of 2

3. Museum Fatahillah

Ilustrasi keluarga berlibur
Libur akhir tahun sudah di depan mata. Sudah saatnya Anda dan keluarga merencanakan liburan dari jauh-jauh hari

Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia memiliki berbagai peninggalan masa lalu. Salah satu tampat yang menyimpan dengan rapih benda-benda bersejarah ini adalah Museum Fatahilah. Museum ini adalah museum yang awalnya digunakan sebagai markas besar VOC di jaman penjajahan Belanda.

Selain bernilai dan bersejarah, museum ini tegolong sebagai tempat wisata murah. Hanya dengan membayar tiket seharga Rp 5 ribu atau Rp 3 ribu untuk mahasiswa, dan Rp 2 ribu untuk anak-anak, kalian dapat berkeliling museum sejarah ini.

4. Kota Tua Jakarta

Merindukan atau menginginkan nuansa klasik? Maka kamu wajib datang ke kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Kamu akan mendapat banyak hal menarik yang akan membuat liburanmu berbeda. Kamu hanya perlu mengeluarkan kocek Rp 2 ribu sampai Rp 5 ribu untuk dapat masuk ke tempat-tempat atau gedung-gedung bersejarah di Jakarta. Tempat ini akan menyelamatkan dompet kamu dari gerusan dana liburan.

5. Pasar Tanah Abang

Selain berwisata ketempat-tempat bermain, kamu juga dapat berwisata belanja. Pasar Tanah Abang adalah salah satu pasar grosir terbesar di Jakarta yang menyediakan berbagai barang kebutuhan fashion dan mode. Kamu perlu mengunjungi Pasar Tanah Abang, karena kalian akan disuguhkan ribuah kios dan yang pasti enggak bikin kantong jebol.

Reporter:

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Lanjutkan Membaca ↓