Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ini Fakta Menakjubkan Orang Bertangan Kidal

Penasaran apa yang membuat individu bertangan kidal sangat istimewa?

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia sendiri, masyarakatnya lebih dominan beraktivitas menggunakan tangan kanan. Hanya sebagian kecil populasi di dunia melakukan aktivitas dengan memakai tangan kiri. Tentu individu bertangan kiri sangat unik, bukan?

Menurut sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari Lafayette College dan Johns Hopkins University pada tahun 2006, menyebut bahwa orang-orang kidal yang berpendidikan perguruan tinggi mendapatkan penghasilan 10% - 15% lebih banyak daripada rekan-rekan mereka yang tidak kidal.

Nah, penasaran apa yang membuat individu bertangan kidal sangat istimewa? Berikut beberapa fakta menakjubkan tentang orang kidal, seperti melansir dari Bright Side, Rabu (26/12/2018).

1. Jenius

Orang kidal lebih cenderung jenius, tak heran jika Albert Einstein, Leonardo da Vinci, Bill Gates, Aristoteles, dan Marie Curie bertangan kidal.

Orang kidal hanya 10% dari seluruh populasi. Semantara 20% dari semua anggota MENSA (organisasi untuk orang-orang yang mempunyai IQ tinggi) diketahui bertangan kidal.

2. Seniman Keren

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Psychology menunjukkan bahwa orang kidal lebih unggul dalam hal kreativitas. Studi ini menunjukkan bahwa mereka lebih baik dalam mengeksporasi berbagai solusi out of the box untuk suatu masalah.

Orang kidal juga cenderung lebih tertarik pada karir dalam bidang seni, musik, olahraga dan teknologi informasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Unggul dalam Olahraga

Orang kidal berada dalam posisi yang menguntungkan dalam olahraga satu lawan satu, seperti tenis, tinju dan bulu tangkis.

Dalam buku The Puzzle of Left-Handedness, ahli bahasa Rik Smits menjelaskan bahwa atlet yang tidak kidal akan kewalahan melawan pemain kidal. Jadi ketika pemain tangan kanan menghadapi lawan kidal, mereka tidak akan siap. Di sisi lain, pemain kidal dipersiapkan untuk lawan yang kidal.

4. Pemimpin atau Presiden

Banyak tokoh bertangan kidal berhasil menjadi pemimpin di sebuah negara. Presiden Obama, Bill Clinton, dan George HW Bush semuanya kidal, demikian juga presiden Gerald Ford, James Garfield, dan Harry Truman.

Sebuah laporan baru-baru ini diterbitkan untuk menunjukkan bahwa politisi kidal berada di atas angin dalam debat televisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.