Sukses

Berduka, Doa-Doa Warganet untuk Korban Tsunami Anyer

Bencana tsunami Anyer tersebut tentu menorehkan duka bagi publik.

Liputan6.com, Jakarta - Tsunami menerjang pantai di sekitar Selat Sunda, khususnya di Kabupaten Pandeglang, Lampung Selatan dan Serang pada Sabtu malam (22/12/2018).

Bencana alam tersebut tentu menorehkan duka bagi publik. Pantauan Citizen6-Liputan6.com, hingga kini lini masa Twitter dibanjiri ucapan belasungkawa atas bencana tsunami tersebut. Banyak warganet juga mendoakan para korban dan keselamatan bagi masyarakat di Anyer.

Berikut beragam respons warganet atas bencana tsunami Anyer yang dirangkum dari Twitter. 

Saking banyaknya twit mengenai bencana tsunami Anyer, tagar #PrafForAnyer dan #PrayForBanten menggema di lini masa. Tagar tersebut bankan menduduki peringkat teratas trending topic Twitter kawasan Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Korban Tsunami Bertambah

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan peristiwa tersebut sebagai tsunami yang tidak dipicu gempa bumi.

"Berdasarkan informasi peristiwa tersebut, BMKG segera melakukan analisis rekaman data sinyal seismik di beberapa sensor seismik terdekat dengan lokasi terjadinya tsunami. Hasilnya tidak didapatkan adanya rekaman gempa bumi pada waktu yang berdekatan dengan waktu terjadinya tsunami di sekitar Banten dan Lampung," ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono.

Data sementara, dari 20 orang meninggal, 165 orang luka dan 2 orang hilang, terdapat di tiga wilayah, yaitu di Kabupaten Padenglang, Lampung Selatan, dan Serang.

Di Kabupaten Pandeglang, daerah yang terdampak terdapat di Kecamatan Carita, Panimbang dan Sumur. Data sementara tercatat 14 orang meninggal dunia, 150 orang luka-luka, 43 rumah rusak berat, 9 unit hotel rusak berat, dan puluhan kendaraan rusak. Daerah yang terdampak parah adalah permukiman dan wisata di Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sumur, Pantai Teluk Lada, Pantai Panimbang, dan Pantai Carita.

Di Kabupaten Lampung Selatan terdapat 3 orang meninggal dunia dan 11 orang luka-luka. Sedangkan di Kabupaten Serang terdapat 3 orang meninggal dunia, 4 orang luka, dan 2 orang hilang. Daerah yang terdampak di Kecamatan Cinangka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.