Sukses

6 Pulau Misterius yang Simpan Rahasia Sejarah Dunia

Beberapa pulau di dunia merupakan tujuan liburan yang sempurna, tapi beberapa yang lainnya, menyimpang dari stereotip yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pulau di dunia merupakan tujuan liburan yang sempurna, tapi beberapa yang lainnya, menyimpang dari stereotip yang ada.

Pulau-pulau berikut ini memiliki misteri akan sejarah yang mereka simpan. Apa saja? Dilansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Pulau Bouvet

Pulau Bouvet mungkin pulau paling terpencil di seluruh planet. Pulau ini berada di titik paling selatan di Samudra Atlantik. Karena letaknya yang terisolasi, penemuan pulau ini diklaim beberapa kali.

Penemuan pertama oleh Jean-Baptiste Charles Bouvet de Lozier. Ia melihat pulau ini pada 1739 tapi informasinya tidak akurat sehingga tak ada yang bisa menemukannya. Pada tahun 1808, pemburu Inggris James Lindsay menemukan pulau ini dan menamakannya Pulau Lindsay.

Lalu 17 tahun kemudian, orang lain juga menemukan pulau ini dan menamakannya Pulau Liverpool. Akhirnya setelah beberapa perselisihan, pada tahun 1971 nama dan kredit penemuan secara resmi diberikan pada Jean-Baptiste.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Pulau Clipperton

Adalah pulau karang kecil yang hanya berukuran 6 km2 yang terletak di Samudera Pasifik. Pulau tersebut letaknya ribuan kilometer dari daratan. Sekitar tahun 1910, sebuah mercusuar dibangun dan sekitar 100 orang tinggal di pulau itu termasuk keluarga dan anak-anak.

Setiap 2 bulan sekali, sebuah kapal akan tiba untuk memasok makanan dan kebutuhan lainnya. Hingga pada tahun 1914 kapal berhenti tiba karena Perang Saudara Meksiko. Orang-orang di pulau itu terlupakan dan memilih meninggalkan pulau itu.

 

3 dari 6 halaman

3. Pulau Ernst Thalmann

Merupakan sebuah pulau kecil di dekat Kuba. Pada tahun 1972, pemimpin Kuba Fidel Castro mengadakan kunjungan ke pulau itu. Nama pulau itu diberikan untuk menghormati Ernst Thalmann dan diberikan pada Republik Demokratik Jerman.

Sejak Tembok Berlin runtuh, Jerman Barat dan Timur menjadi satu negara dan pulau itu tak disebutkan dalam dokumen apapun. Dengan kata lain, secara teknis itu merupakan sebidang tanah kecil yang menjadi bagian terakhir Jerman Timur.

 

4 dari 6 halaman

4. Pulau Palmyra Atoll

Dibentuk oleh karang dan merupakan salah satu tempat paling terpencil di Bumi. Pulau ini memiliki laguna yang indah, ditutupi oleh hutan hujan lebat, dan konsenstrasi kehidupan laut tertinggi.

Kedengarannya seperti surga, tapi banyak takhayul di pulau itu. Ada beberapa berita hilangnya kapal misterius di sana. Bahkan jika ingin mengunjunginya, Anda harus memiliki izin khusus.

 

5 dari 6 halaman

5. Pulau Vulcan

Di sebelah utara Filipina, ada danau bernama Taal. Di danau itu, ada sebuah pulau bernama Taal Vulcano. Di tengah pulau itu, ada danau lain yang secara teknis adalah kawah gunung berapi yang dibanjiri air. Di dalam danau itu, ada pulau lain yang bernama Pulau Vulcan.

 

6 dari 6 halaman

6. Pulau Socotra

Beberapa orang percaya, Pulau Socotra berada di planet lain karena indahnya. Pulau ini sudah lama diisolasi dan menjadi rumah bagi beberapa tanaman yang tak dapat ditemukan di tempat lain di Bumi. Misalnya, pohon darah naga yang terlihat seperti payung alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.