Pakai Tangan hingga Angkat Kaki, 6 Kebiasaan Unik Orang Indonesia Saat Makan

Oleh Sulung Lahitani Mardinata pada 04 Des 2018, 13:30 WIB
Makan Pakai Tangan, Berbahaya atau Tidak?

Liputan6.com, Jakarta - Orang Indonesia memiliki banyak kebiasaan unik yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lain. Saat makan saja, ada beberapa kebiasaan yang pasti pernah kamu lakukan tapi tak pernah kamu lihat dilakukan oleh orang asing.

Apa saja contohnya? Ini dia.

1. Nikmatnya makan di warteg sambil angkat kaki ke kursi

Warteg alias warung tegal menjadi salah satu tempat makan favorit orang Indonesia. Harganya yang murah dengan menu beragam menjadi alasan orang Indonesia suka makan di warteg.

Saat makan, sah-sah saja kamu mengangkat kaki ke kursi di warteg. Asal kamu tidak mengganggu orang lain, ya.

2. Makan nasi padang dengan tangan

Selain warteg, nasi padang juga menjadi andalan saat lapar melanda. Masakan kaya rempah akan lebih nikmat bila dimakan dengan menggunakan tangan.

Kebiasaan ini hanya dimiliki orang Indonesia. Tak heran, bule pun takjub dengan kelihaian orang Indonesia saat makan dengan tangan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Inin

 

2 of 3

3. Harus pakai nasi

Nasi Putih
Ilustrasi Foto Nasi Putih (iStockphoto)

Belum makan namanya kalau belum pakai nasi. Ini menunjukkan betapa nasi menjadi makanan paling populer di Indonesia.

4. Nongkrong sambil wedangan di pinggir jalan

Budaya menikmati minuman hangat di pinggir jalan tak bisa dipisahkan dari orang Indonesia. Sore hingga malam, angkringan menjadi tempat favorit orang Indonesia nongkrong. Waktu berlalu hingga berjam-jam pun tidak terasa saat bercengkrama bersama teman di angkringan.

 

3 of 3

5. Tempe dan tahu goreng jadi tambahan lauk

[Bintang] Bintang Tasty: Tempe Mendoan
Siapa yang suka sama gorengan yang satu ini? Buat tempe mendoan sendiri di rumah yuk… (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Bintang.com/Nurman Abdul Hakim)

Apapun lauknya, saat makan nasi, orang Indonesia lebih suka melengkapinya dengan gorengan. Jenis yang bermacam-macam seperti tahu, tempe, bakwan, membuat pilihan makan menjadi lebih bervariasi.

6. Bagian lauk paling enak disisakan yang terakhir

Menyisakan bagian lauk yang paling enak untuk dimakan terakhir, menjadi salah satu kebiasaan orang Indonesia. Misalnya saat makan ayam goreng, bagian kulit yang renyah akan dimakan terakhir.

Reporter: Editor Brilio.net

Sumber: Brilio.net

Lanjutkan Membaca ↓