Terlalu Banyak Bercinta juga Tak Baik, Ini 5 Bahayanya

Oleh Sulung Lahitani Mardinata pada 03 Des 2018, 14:30 WIB
Pasangan dan hubungan cinta (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Bercinta alias berhubungan seks dapat memperkuat ikatanmu dengan pasangan. Terlebih, bercinta banyak memiliki manfaat kesehatan.

Meski demikian, frekuensi bercinta juga perlu dijaga. Ternyata terlalu banyak berhubungan seksual malah bisa membahayakan kesehatan. Seperti apa? Dilansir dari Boldsky, ini dia.

1. Nyeri Otot

Saat bercinta, Anda melibatkan banyak otot untuk bekerja. Jika terlalu diforsir, maka otot bisa terasa nyeri. Apalagi bila salah posisi saat bercinta.

Jika dilakukan secara berlebihan, otot di kaki bisa membengkak dan terasa sakit. Jika hal tersebut terjadi, istirahatlah dan kompres dengan air es.

2. Iritasi Kulit

Gesekan kulit yang terjadi saat bercinta dapat menyebabkan infeksi, terutama di daerah-daerah sensitif. Ujung-ujungnya, rasa perih pun membuat semangat bercinta menjadi kendor.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 of 3

3. Kram

Tips Mudah Atasi Kram Otot (Seasontime/Shutterstock)
Tips Mudah Atasi Kram Otot (Seasontime/Shutterstock)

Terlalu banyak bercinta juga bisa menyebabkan keram. Ini terjadi akibat stimulasi berlebihan dalam sistem saraf dan kontraksi otot.

4. Infeksi Saluran Kencing (ISK)

Ada banyak hal yang dapat membuat ISK terjadi setelah terlalu banyak bercinta. Bisa saja karena faktor kurang bersihnya tempat tidur yang digunakan atau bahkan kurang minum. Untuk mencegahnya, perbanyak minum jus cranberry yang bisa membunuh bakteri penyebab ISK. Juga biasakan membasuh alat kelamin sebelum dan sesudah bercinta.

 

3 of 3

5. Sakit Punggung

Manfaat Koyo Penghilang Nyeri untuk Sakit Punggung (Albina Glisic/Shutterstock)
Manfaat Koyo Penghilang Nyeri untuk Sakit Punggung (Albina Glisic/Shutterstock)

Posisi yang salah dapat berujung dengan sakit punggung. Terlebih bila kamu melakukan gerakan tiba-tiba. Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelumnya.

Reporter: Febrianti Diah Kusumaningrum

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓