5 Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Jerawat di Punggung

Oleh Sulung Lahitani Mardinata pada 03 Des 2018, 12:33 WIB
6 Cara Alami Atasi Jerawat Punggung

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki punggung yang indah adalah dambaan setiap orang. Sayangnya, terkadang jerawat tumbuh di bagian tersebut dan membuat punggung jadi kurang enak dilihat.

Ketimbang mencoba obat-obatan kimiawi, alangkah baiknya mencoba bahan-bahan alami berikut ini.

1. Madu

Bahan ini dikenal sebagai antibakteri alami yang mampu mencegah infeksi, terlebih pada kulit. Caranya, rendam atau tetesi kapas dengan madu lalu oleskan pada daerah yang berjerawat. Lalu, basuh setelah beberapa menit.

Kamu juga dapat menyiapkan pasta dari bahan beberapa tetes madu yang dicampur sedikit bubuk kayu manis. Lalu pasta itu dioleskan di punggung.

2. Tomat

Tomat juga dapat mengatasi jerawat, mengeringkannya, juga membantu menghilangkan radang, dan rasa sakit. Kamu cukup menggosokkan sepotong tomat pada daerah yang berjerawat lalu dicuci dengan air hangat. Lakukan perawatan tersebut dua kali sehari.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 of 3

3. Kunyit

kunyit
ilustrasi kunyit/copyright Rawpixel

Biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, kunyit ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Ini dikarenakan kunyit memiliki sifat anti radang dan mengurangi rasa nyeri.

Caranya, kamu cukup mengoleskan pasta bubuk kunyit dan minyak wijen pada daerah yang berjerawat. Lalu cuci bersih setelah didiamkan beberapa saat. Lakukan perawatan tersebut dua kali sehari selama seminggu dan rasakan hasilnya.

4. Lemon

Asam L-askorbat dalam lemon dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori. Bahkan bakteri penyebab jerawat juha mampu melawan bakeri penyebab jerwata.

Kamu cukup mencampurnya dengan air tawar lalu dioleskan pada bagian yang berjreawatl itu.

 

3 of 3

5. Cuka Apel

5 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah yang Belum Banyak Diketahui
Ternyata cuci muka dengan cuka apel dapat memberikan manfaat yang banyak terhadap kulit wajah. Berikut di antaranya. (iStockphoto)

Bahan ini paling ampuh membasmi jerawat, termasuk di punggung. Ini karena sifat antibakterinya. Cukup ambil satu sendok makan cuka apel dalam satu cangkir air, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat. Biarkan beberapa saat baru dibilas.

Reporter: Yoga Tri Priyanto

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓