Suka Begadang hingga Berantakan, 7 Tanda Ini Buktikan Kamu Punya Otak yang Encer

Oleh Sulung Lahitani pada 29 Nov 2018, 08:32 WIB
Diperbarui 13 Des 2018, 11:26 WIB
Ilustrasi orang cerdas

Liputan6.com, Jakarta Defini kecerdasan itu luas. Tak terbatas dari nilai IQ atau keahlian melakukan perhitungan. Namun demikian, ada beberapa penanda yang menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Apa saja? Dilansir dari LiveStrong, ini dia.

1. Punya selera humor bagus

Bila kamu sering dianggap sebagai pribadi yang lucu, kemungkinan kamu memiliki kecerdasan yang tinggi. Psikolog Dr. Danielle Forshee mengungkapkan bahwa sejumlah faktor diperlukan untuk memproduksi humor. Dua di antaranya adalah intelegensi cair dan intelegensi kristal.

Intelegensi kristal melibatkan pengetahuan yang berasal dari pendidikan formal dan pengalaman hidup. Sementara kecerdasan cair melibatkan kemampuan untuk berpikir secara abstrak dan memecahkan masalah.

2. Lahir sebagai anak pertama

Dr. Sal Raichbach, psikolog dari Amrobisa Treatment Center mengatakan bahwa menjadi anak pertama dapat berarti Anda adalah orang yang cerdas. Ini dikarenakan sebuah penelitian menunjukkan anak pertama memiliki kecerdasan sisi mental dibanding adik-adiknya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 of 3

3. Memakai kacamata atau alat bantu penglihatan lain

Kacamata baca (iStock)
Ilustrasi kacamata baca (iStockphoto)

Studi menemukan bahwa orang yang cerdas hampir 30 persen mengenakan kacamata. Penanda genetik ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti fungsi kognitif umum, periode reaksi, dan sejumlah variabel kesehatan lainnya.

4. Mudah menyesuaikan diri

Menurut Psikolog Klinis Ana Jovanovic, orang yang cerdas dapat menganalisis perilaku mereka sendiri dan orang lain, kemudian memilih untuk bertindak dengan cara yang mereka rasa akan membantu mereka beradaptasi dengan situasi yang sedang dihadapi.

Penelitian mendukung klaim ini dengan menunjukkan hubungan positif antara kecerdasan dan penyesuaian sosial.

 

3 of 3

5. Suka begadang

Hindari Begadang, Ini 9 Manfaat Baik Menjaga Kualitas Tidur
Ilustrasi tidur. Sumber foto: unsplash.com/Kinga Cichewicz.

Kegemaran dapat terkait dengan kecerdasan di atas rata-rata. Ini berasal dari gagasan bahwa kemampuan bangun larut malam adalah evolusi. Para peneliti berpendapat bahwa IQ yang lebih tinggi ditunjukkan oleh perilaku nenek moyang yang tak suka bangun pagi.

6. Berantakan

Jika ruang kerja dan lingkungan Anda selalu berantakan, ini mungkin terkait dengan kapasitas otak Anda. Pada dasarnya mereka yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata mengabaikan norma-norma sosial, misalnya bahwa kita harusnya rapi.

7. Punya rasa ingin tahu yang tinggi

Psikolog klinis Ana Jovanovic mengatakan orang yang cerdas adalah pelajar yang tak pernah puas. Mereka sadar berapa banyak yang harus dipelajari. Mereka menantang pemikiran mereka sendiri dan pemikiran orang lain. Untuk melakukan itu, mereka mengajukan pertanyaan yang bisa sangat mendalam.

Reporter: Tantri Setyorini

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓