Sukses

Wajib Dicoba, Bahan Alami Ini Efektif Hilangkan Kutil dengan Cepat

Liputan6.com, Jakarta - Munculnya kutil di tubuh memang hal yang sering dialami banyak orang. Kutil pada dasarnya pertumbuhan kulit yang umumnya muncul di wajah, leher, tangan dan bagian lainnya.

Munculnya kutil bisa disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh melalui luka atau goresan di kulit. Meski kutil tidak menyebabkan kerusakan apa pun, tapi itu bisa mempengaruhi penampilan. Tentu ada perawatan atau obat penghilang kutil. Namun, kamu bisa juga menggunakan bahan alami sebagai alternatif menghilangkan kutil pada tubuhmu.

Berikut beberapa bahan alami yang ampuh membasmi kutil pada tubuhmu, seperti melansir dari Boldsky, Senin (26/11/2018).

1. Lemon dan Cuka

Cuka yang bersifat asam akan membantu memecahkan sel-sel yang membentuk kutil. Nah, yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan perasan lemon dan cuka dengan porsi yang sama. Lalu masukkan kapas ke dalam cairan tersebut, kemudian pakaikan ke kutil.

Selanjutnya kamu balut kapas tersebut dengan perban, dan biarkan selama satu jam. Setelah itu, kamu bersihkan area tersebut dengan air hangat.

Kamu bisa menggunakan cuka sari apel sebagai pengganti cuka normal untuk obat ini.

2. Lemon dan Soda Kue

Soda kue memiliki sifat antiseptik dan anti peradangan yang membantu melawan infeksi yang menyebabkan kutil pada kulit.

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni membuat pasta dengan mencampur beberapa soda kue dengan dua sendok makan jus lemon. Lalu gunakan campuran itu pada kutilmu dan biarkan mengering.

Setelah kering, kamu bisa mencucinya dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, kamu bisa menggunakannya dua kali sehari selama beberapa minggu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Lemon dan Bawang Putih

Sifat antiviral, antijamur dan antibakteri dari bawang putih membantu melawan virus yang menyebabkan kutil.

Kamu hanya perlu mengupas 5 - 8 siung bawang putih. Lalu hancurkan untuk dijadikan pasta. Tambahkan satu sendok jus lemon segar. Selanjutnya campurkan kedua bahan tersebut dan pakaikan ke kutilmu.

Selanjutnya tutupi pasta pada kutilnya dengan perban. Lalu diamkan sekitar 20-30 menit. Setelah 30 menit, kamu bisa mencucinya dengan menggunakan air biasa. Untuk hasil yang diinginkan, kamu bisa mengaplikasikannya dua kali sehari.

4. Lemon dan Minyak Daun Teh

Minyak daun teh juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang membantu menghancurkan virus yang menyebabkan kutil.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yakni siapkan mangkuk bersih, masukkan satu sendok jus lemon dan air ke dalamnya. Lalu tambahkan sekitar 5-8 tets minyak daun teh ke dalam mangkuk tersebut. Campurkan dengan rata, lalu ambil kampas dan rendam dalam cairan tersebut.

Setelah itu, aplikasikan kapas tersebut pada kutil. Tunggu selama 5-10 menit. Ulangi cara ersebut setiap hari sampai kutil menghilang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.