Sukses

Suka Berlibur ke Pantai atau Gunung? Jawabannya Ungkap Kepribadianmu

Untuk mengetahui kepribadian ektrovert atau introvert akan terhubung dengan wilayah geografi seperti apa.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki tipe yang berbeda dalam menentukan tujuan liburannya. Ada yang suka menghabiskan waktu bermain di pantai. Namun ada pula yang lebih suka menikmati suasana sejuk di gunung.

Melansir today.com, dalam suatu penelitian yang dipublikasikan di Journal of Research in Personality, ditemukan bahwa orang dengan kepribadian ekstrovert akan memilih pantai, sementara orang dengan kepribadian introvert akan memilih gunung sebagai tempat berlibur.

Psikolog Shigehiro Oishi, Thomas Talhelm dan Minha Leefound dari University of Virginia telah melakukan lima eksperimen untuk menemukan hubungan antara kepribadian dan geografi.

Dalam satu eksperimen, mereka menggunakan data 613.000 data kepribadian yang telah disurvei di Amerika Serikat, untuk mengetahui kepribadian ektrovert atau introvert akan terhubung dengan wilayah geografi seperti apa. Berikut ulasannya.

Ekstrovert - Pantai

Orang dengan kepribadian ekstrovert digambarkan sebagai pribadi yang mudah bergaul, atau mudah bersosialisasi. Sehingga mereka diduga akan lebih suka memilih tempat yang lebih cocok untuk melakukan aktivitas yang menghibur, serta banyak dikunjungi orang, karena orang ekstrovert suka menjadi pusat perhatian.

Karena itu orang ekstrovert cenderung lebih memilih pantai sebagai tujuan berlibur. Pantai adalah tempat yang lebih ramai dibandingkan gunung. Di pantai juga lebih banyak orang yang bisa diamati, diajak berbicara, dan diajak bermain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Introvert - Gunung

Individu dengan kepribadian introvert dikenal pribadi tertutup yang juga tidak suka keramaian. Tak heran jika para introvert cenderung memiliih berlibur ke gunung, karena suasana yang sunyi dan tenang.

Mereka bahkan memilih dataran tinggi sebagai tempat tinggal, agar terhindar dari suara bising di daratan rendah.

Nah, jadi kamu tipe yang mana?

Reporter:

Reg

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini