Sukses

Cerita Mohammad Hatta Takjub Ada Restoran Padang di Australia

Bung Hatta pernah mengomentari soal Restoran Padang dalam salah satu surat pada anaknya

Liputan6.com, Jakarta - Gemala Rabi'ah Hatta merupakan putri kedua dari Mohammad Hatta dan Rachmi Hatta. Ia sekaligus merupakan salah satu ahli rekam medis paling awal di Indonesia.

Putri M. Hatta tersebut menuntut ilmu di School of Medical Record Administration (MRA) Sydney, Australia. Memperoleh beasiswa jauh di luar negeri, tak lantas membuat bapak dan anak itu terputus komunikasinya.

Keduanya kerap berkomunikasi lewat surat menyurat. Malahan, terlihat kedekatan anak dan ayah itu dari surat yang ditulis oleh mereka. Dalam salah satu suratnya, M. Hatta mengomentari soal Restoran Padang di Sydney.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dikutip dari Merdeka.com, berikut isi surat M. Hatta yang ditulis pada 24 Juni 1974.

"Gemala yang manis, bagaimana keadaan Gelama sekarang? Hingga mana studi Gelama, yang pokok sudah dilaksanakan?

Ayah tidak mengira di Sydney juga ada restoran Padang. Menurut Eddie, malahan ada 3. Mungkin hanya di bulan yang belum ada restoran Padang."

Layaknya orangtua, Hatta menutup surat tersebut dengan pesan bahwa Gemala harus belajar dengan baik di Australia agar impiannya bisa tercapai.

"Pesan ayah hanya satu, yaitu rajin-rajinlah belajar supaya tujuan Gemala ke Australia berhasil dengan baik. Kami seisi rumah gembira membaca Gemala dalam waktu yang sangat singkat sudah keliling ke mana-mana di Australia dan sudah mendapat banyak teman-teman. Mudah-mudahan Gemala dalam keadaan baik-baik saja. Peluk dan cium dari ayah."

Reporter: Jayanti

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.