Sukses

Tiongkok Perkenalkan Robot Pembaca Berita Pertama di Dunia

Benar-benar mirip manusia asli ya.

Liputan6.com, Jakarta - Gebrakan baru muncul dari industri media di Negeri Tirai Bambu. Agensi berita Tiongkok, Xinhua, baru-baru ini memperkenalkan sebuah robot pembaca berita. Robot pembaca berita tersebut diperkenalkan kepada dunia melalui World Internet Conference yang diadakan di Provinsi Zhejiang.

Pada debut pertamanya, robot pembaca berita tersebut tampil dengan berbagai detail mirip dengan manusia asli. Mulai dari penampilan, suara, hingga ekspresi wajah.

Xinhua bekerjasama dengan search engine Sogou di Tiongkok untuk mengekstraksi perkataan manusia, pergerakan bibir hingga ekspresi wajah.

Robot yang memanfaatkan teknologi AI (Artificial Intelligence) ini dikatakan dapat bekerja selama 24 jam penuh. Hal ini dikatakan mampu memangkas biaya produksi dan mampu meningkatkan efisiensi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menuai kritikan

Meski dikatakan memiliki banyak keuntungan, nyatanya kehadiran robot ini menuai justru menuai kritikan.

"Cukup sulit untuk menontonnya lebih dari beberapa menit, ekspresinya sangat kaku dan penyampaiannya tak berirama," kata Profesor Universitas Oxford, Michael Wooldridge.

Meski begitu, seorang profesor AI dan robotik di Universitas Sheffield, Noel Sharkey, mengatakan proyek ini memiliki awal yang baik untuk kemudian akan melakukan improve ke depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.