Sukses

Menyentuh, Surat Putri Diana pada Wanita yang Minta Nasihatnya

Sebuah surat emosional yang mengungkapkan bagaimana perasaan Diana setelah perpisahannya dengan Charles, baru-baru ini terungkap.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah surat emosional yang mengungkapkan bagaimana perasaan Diana setelah perpisahannya dengan Charles, baru-baru ini terungkap. Itupun 23 tahun setelah surat itu ditulis.

Catatan tulisan tangan itu ditujukan kepada seorang wanita bernama Erika. Surat itu tampaknya merupakan balasan atas surat yang sebelumnya ia kirimkan kepada mendiang Puteri Wales, mendiskusikan akhir yang menyedihkan dari pernikahannya.

"Pemahaman kami adalah bahwa Erika adalah anggota masyarakat yang mengalami masa-masa sulit dan dia menulis surat pada Diana untuk meminta nasehat serta dukungan. Karena Diana juga mengalami masa-masa sulit selepas pernikahannya berakhir," kata Martin Nolan dari Lelang Julien seperti dilansir dari Shared.com.

Menurut Martin, dari surat tersebut tercermin betapa Diana adalah seseorang yang murah hati dan penuh kasih sayang. Ia menawarkan dorongan besar pada Erika bahwa akan ada cahaya di ujung terowongan. Tampaknya, Diana berbicara dari pengalaman pribadinya sendiri ketika menulis surat tersebut. Berikut bunyi surat tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Isi Surat Tersebut

"Erika tersayang, aku telah menerima suratmu dan tentu saja membacanya dengan keprihatinan dan keinginan untuk mendukungmu dengan cara apapun yang aku bisa.

Ada banyak rasa sakit dalam dirimu, maka dinding yang kau sebut itu, itulah respon alami seseorang yang mengalami trauma.

Membaca di antara baris suratmu, aku merasa melihat seorang wanita yang sangat istimewa tengah berjuang dengan harga diri yang rendah karena semua memar yang harus kamu hadapi, secara mental dan fisik.

Aku tahu, butuh keberanian besar untuk menulis seperti yang kau lakukan dan dengan kejujuran tersebut, akan ada cahaya yang menunggu di ujung terowongan tersebut.

Aku selalu memikirkanmu, bertahanlah di sana Erika.

Penuh cinta dari Diana."

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Banyak yang percaya bahwa Erika, yang tetap tidak teridentifikasi, terinspirasi leh wawancara Diana di mana ia membuka diri tentang pernikahannya yang gagal. Wawancara itu ditayangkan pada tahun 1995.

Surat Diana untuk Erika adalah satu dari beberapa yang ditulisnya selama bertahun-tahun kepada mereka yang butuh dorongan semangat saat berada di masa sulit. Ia jua menulis kepada teman-teman dekat dan keluarganya ketika hidupnya terasa sulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.