Sukses

Minum Kopi Bisa Jadi Pengganti Olahraga, Asal...

Kopi disebut-disebut dapat menjadi aktivitas pengganti olahraga.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi hangat biasa menjadi andalan untuk memulai hari banyak orang. Banyak yang mengaku kandungan kafein di kopi membuat tubuh mereka lebih terjaga dan fokus.

Menariknya, kopi disebut-disebut dapat menjadi aktivitas pengganti olahraga. Dokter Spesialis Bedah Saraf, Wawan Mulyawan dari RSU Bunda Jakarta memberikan penjelasan. Menurutnya, kopi membuat jantung lebih kuat.

"Kopi menjadi semacam cardio protector. Walau tidak olahraga, saya minum kopi pagi-pagi sebagai cardio exercise," ujar Wawan saat ditemui di RSU Bunda Jakarta.

Minum kopi dapat meningkatkan denyut dan membuat otot jantung semakin kuat. Hanya saja, pastikan untuk tidak berlebihan mengonsumsinya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Hal ini dikarenakan, bila minum kopi terlalu berlebihan, dapat menyebabkan tulang keropos. Apalagi bila jenis kopi yang diminum adalah espresso atau kopi hitam tanpa gula.

"Beberapa penelitian menyatakan bahwa kopi sebaiknya diminum maksimal 3 dosis espresso per hari. Kalau bisa, cukup 1-2 dosis. Dan bukan double espresso, tapi single espresso," pesan Wawan.

Nah, demi tubuh lebih sehat, sebaiknya minum espresso di pagi dan sore hari. Jangan sampai lebih dari 3 gelas per hari.

Reporter: -

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.