Sukses

Yuk Cegah Alzheimer dan Parkinson Lewat Secangkir Kopi

Ada senyawa baik dalam kandungan kopi yang dapat membantu kita mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda penikmat kopi, ada kabar baik bagi Anda. Menurut sebuah penelitian batu, kopi bisa membantu melindungi Anda dari pengembangan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Dengan mengonsumsi kopi, terdapat beberapa korelasi dengan penurunan risiko pengembangan penyakit tersebut.

Menurut Dr. Donald Weaver dalam penelitiannya, kopi memiliki senyawa yang berpengaruh terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. Senyawa yang terdapat dalam kandungan kopi tersebut masih terus diteliti.

Tim peneliti melihat terdapat tiga jenis kopi, yaitu jenis kopi panggang ringan, panggang gelap dan panggang tanpa kafein.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Senyawa baik dalam kopi

Mereka mengidentifikasi sekelompok senyawa yang dikenal sebagai 'phenylindanes', yang muncul sebagai hasil dari proses pemanggangan biji kopi.

Phenylindanes tersebut mampu mencegah, atau lebih tepatnya dapat menghambat penggumpalan dua fragmen protein yang umumnya menjadi penyebab Alzheimer dan Parkinson.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah menyelidiki seberapa menguntungkannya senyawa yang terkandung dalam kopi tersebut, dan apakah mereka memiliki kemampuan untuk memasuki aliran darah atau melewati penghalang antara darah ke otak.

Dengan demikian, ada baiknya bila orang-orang yang sudah lanjut usia mengonsumsi kopi dalam batas wajar sehari-hari.

 

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini